Cara Mengatur Halaman & Kertas Pada Microsoft Office Word



Cara Mengatur Halaman & Kertas Pada Microsoft Office Word - Tutorial ini, mungkin bagi sebagian orang tutorial bagaimana cara mengatur halaman dan ukuran serta jenis kertas (page setup) sudah menjadi hal biasa. Lain halnya bagi mereka yang masih awam tentang komputer khususnya Microsoft Office Word. (Download Tutorial Cara Mengatur Halaman & Kertas Pada Microsoft Office Word dalam bentuk FileType: Pdf)
 

Pengalaman saya membuktikan bahwa sekarang masih banyak masyarakat yang belum begitu familiar dengan pengetikan. Kalaupun bisa, biasanya mereka masih awam dan hanya sekedar asal mengetik atau asal jadi tanpa memperdulikan batas-batas pengaturan margin halaman, spasi atau jarak antar baris, rata kanan kirinya tengahnya serta jenis dan ukuran kertas yang digunakan sehingga pada saat dicetak tidak sesuai dengan apa yang mereka inginkan (belum rapi dan tidak tertata). 

Keterampilan mengetik dan menulis khususnya di Microsoft Office Word memiliki peran penting bagi kehidupan dan karir untuk seseorang baik dalam pekerjaannya, hobi, dan tidak terkecuali mereka yang bergelut di bidang IT, perbankan, perusahaan dan pendidikan hubunganya surat menyurat serta administrasi data ataupun berkas-berkas suatu lembaga, instansi, perusahaan, organisasi, Pemerintahan.


1. Klik “Page Setup” pada menu Ms. Word.
2. Klik 'Tanda Panah Kecil yang berada di pojok kanan bawah'.

3. Klik “Margin” pada tab yang berada di atas dialog.
4. Isikan batas-batas halaman sesuai keperluan dengan mengetikkan angka atau menggunakan “tanda bawah kecil ke atas dan ke bawah”.
- Top : Batas Atas

- Bottom : Batas Bawah

- Left : Batas Kiri

- Right : Batas Kanan).

5. Klik “OK”.


Oke, Sekarang kita akan mengubah jenis dan ukuran kertas. Langkah selanjutnya ialah :

6. Klik “Paper” pada tab yang berada di atas dialog.
7. Klik ‘tanda panah kecil yang menghadap ke bawah’.
8. Pilih 'salah satu jenis dan ukuran kertas sesuai kebutuhan'. Misal A4 (21 cm x 29,7 cm). Anda bisa juga memilih jenis dan ukuran kertas lain seperti : Legal (21,5 cm x 35 cm).

9. Klik “OK
10. Atau anda juga bisa mengetikkan angka sendiri sesuai ukuran keinginan kita, Misal : 21,5 cm x 33 cm (Kertas F4 yang biasanya untuk fotocopy dan pencetakkan di kantor atau instansi selain A4).

11. Klik “OK

Semoga Bermanfaat, Selamat mencoba dan berlatih. Salam Blogger.

No comments:

Post a Comment

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.