Selayang Pandang tentang Software Blender Menurut Penulis


Tampilan Awal Interface Software Blender 2.72
Selayang Pandang tentang Software Blender Menurut Penulis - Bissmillahirrahmannirrahim, ini adalah tulisan pertama saya tentang software blender. 'Apa sih blender itu? Dan apa gunanya software blender?' Bagi anda yang baru mengenal blender mungkin akan terdengar lucu. Seperti halnya murid-murid saya di SMK Al-Irsyad Kota Tegal.
Banyak dari mereka ketika saya perkenalkan software blender itu apa, mereka nylemong bin nyletuk. Katanya, “blender buat bikin jus ya pak?” kira-kira begitulah celotehan anak didik SMK saya yang kelas X.


Baik, kita back to topic, kita bahas apa itu pengertian software blender. Software blender adalah software yang digunakan dalam pembuatan animasi 3 dimensi, video effect dan bahkan editing video serta software pembuatan games yang bersifat free lisency alias tidak berbayar (gratis). Kelebihan lain dari blender ialah walaupun kemampuan dan fasilitas yang dimiliki sangat banyak tetapi software blender sangat ringan loadingnya, tidak seperti autodesk 3D Max, adobe after effect dan adobe premiere yang sifatnya comersil atau berbayar dan juga loadingnya berat serta boros memory.


Bisa dikatakan blender adalah perpaduan antara 3D Max, after effect dan premiere (bagi yang sudah ahli, katanyaaa). Ini berarti software atau aplikasi blender jelas-jelas saingan nyata 3D Max (mudah-mudahan 3DMax tidak resah dan semakin introspeksi diri untuk menjadi lebih baik karena muncul saingan baru, because blender sudah sangat familier hehe), karena sejak kemunculan aplikasi blender banyak orang beralih dari 3D Max ke Blender (itu menurut saya, barangkali salah mohon dikoreksi dan beri referensi. Misal linknya). Dalam hal pilihan, semua kembali ke individu masing-masing. Anda lebih nyaman atau terbiasa dengan software yang mana?


Bagi yang belum pernah menggunakan software blender, harus benar-benar banyak latihan agar terbiasa dengan shortcut-shortcut tombol kombinasi di keyboard. Karena di blender penggunakan shortcut ini harus anda kuasai dan paham supaya pada saat bekerja di blender lebih mudah dan efektif. Untuk seorang pemula, awalnya mungkin akan kaget tetapi jika sudah terbiasa ya enak, nikmat dan maknyusss.


Monggo barangkali penasaran dengan blender, anda dapat mendownload di situs resminya yaitu www.blender.org gratis (free lisency or non comercil) tanpa syarat, tanpa iklan, tanpa timer, tanpa virus, halalan toyiban, tanpa crack, resmi alias tidak illegal serta yang terpenting tidak melanggar undang-undang dan hukum. Bebas didownload oleh user siapapun tanpa harus melakukan registrasi baik untuk kepentingan pendidikan maupun untuk kepentingan hobi dan bisnis.


Saya jelaskan panjang lebar di atas, pusing kan??? Haha. Nah, pada postingan berikutnya, akan saya tuliskan langsung step by step utawa langkah-langkah tutorialnya untuk langsung dipraktekkan sampai bisa mulai dari modeling sampai finishing animasinya supaya tidak pusing karena bertele-tele. Okay, are u ready? It’s show time! Selamat berkarya! Selamat belajar! Saatnya unjuk gigi! sampai jumpa di Tutorial Membuat Animasi Bendera Merah Putih Berkibar.

No comments:

Post a Comment

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.