Tutorial Cara Membuat Undangan Walimah di CorelDRAW X4



Tutorial Cara Membuat Undangan Walimah di CorelDRAW X4 - assalamu'alaikum wr.wb. semoga sodara-sodara dalam keadaan sehat dan sukses selalu, aamiin. dengan semangat agak dipaksakan mengawali bulan april ini saya tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan untuk berbagi ilmu walopun sederhana. untuk tutorial hari ini, saya beri judul cara membuat undangan untuk walimah, mendak, peringatan 100 hari maupun khaul, dsb.

alhamdulillah para sahabat blogger un2kmoe, tulisan ini bisa terbit di blog yang sangat sangat sederhana sekali ini dengan segala kekurangan dan keterbatasan :). tutorial ini saya buat di software coreldraw versi x4 dengan teknik interactive blend tool untuk perpanjangan bingkainya (frame/ border). sedangkan tambahan lain, hanya pemberian teks dan kotak/ rectangle yang dishape-kan (dilengkungkan sudutnya).

langsung saja, walaupun sangat sederhana tetapi membutuhkan perjuangan ekstra keras karena gambar screenshootnya lumayan banyak. hal ini supaya sahabat un2kmoe bisa lebih jelas dalam memahami tutorial membuat design undangan mendak atau walimahan ini. jika anda ingin download file undangan walimah hasil latihannya, anda bisa mendownloadnya dengan KLIK DISINI. oke, mari kita simak. cekibrooott!

1. buka software coreldraw anda. klik new document. atur jenis kertas A4. units : centimeters.

2. klik menu text -> insert symbol character.

3. pilih jenis font wingdis 2. dan code page ganti all characters.

4. pilih salah satu motif atau corak font yang ada, kemudian klik insert.

5. selanjutnya buat garis pembatas (karena kertasnya folio yang panjangnya 33 cm: 3= 11 cm). maka tempatkan grid pada jarak 22 cm.

6. perkecil objek character yang telah dibuat. kemudian copy paste, lalu klik kiri mouse dan tekan tombol ctrl+geser ke sebelah kanan.

7. selanjutnya kita gunakan fasilitas blend tool. drag dari objek 1 ke objek kedua.

8. proses mendrag dari 2 objek yang sudah dikopas.

9. maka, untuk bingkai atas sudah beres. kita kopas untuk bingkai/ frame bagian bawah. klik hasil copasnya, tekan tombol ctrl di keyboard, tahan kemudian geser mouse ke bawah.

10. untuk border samping caranya sama yaitu dengan fasilitas blend tool. klik sembarang. klik ujung objek, klik interactive blend tool. dan drag dari objek atas ke objek bawah atau sebalinya. atur banyaknya objek misalnya 8 saja.

11. lakukan hal yang sama seperti pada langkah ke-10 untuk yang sebelah kanan. silahkan beri warna isi (fill) untuk bingkai atau frame atau border tersebut.

12. nah, selanjutnya kita akan buat teks 'undangan'. klik tool text, klik di tempat yang anda inginkan.

13. setelah selesai mengetik kata 'undangan', klik pick tool lalu ubah jenis hurufnya supaya lebih bagus dan atur ukuran hurufnya agar sesuai.

14. buat kotak dengan tool rectangle tool.

15. klik shape tool, kemudian drag sudutnya ke arah dalam kotak tersebut. alhasil sekarang sudut kotak tersebut menjadi tumpul.

16. buat teks lagi di atas kotak itu untuk tulisan "kepada yth. bpk/sdr:"

17. buat teks lagi untuk acara undangan tersebut dan tuan rumah (yang memanggil)

18. nah, bagian atas kita anggap sudah beres. adapun jika anda ingin menambah variasi asesoris hiasan untuk bingkai tersebut supaya lebih bagus lagi ya monggoo. dari bingkai yang sudah jadi tersebut, kita kopas untuk bingai atau frame dari isi undangan mendak/ walimah tsb. caranya ya copy paste, tahan tombol ctrl kemudian geser ke bawah. tidak sulit bukan?

19. untuk menyesuaikan ukuran bingkai border undangan, silahkan klik kedua ujung objek seperti pada langkah-langkah diawal, lalu tekan dan tahan tombol CTRL di keyboard kemudian tarik/ geser ke bawah.

20. hasilnya seperti ini. lagkah terakhir anda tinggal memberi teks yang di dalamnya ada pembukaan, maksud undangan, hari dan tanggal, waktu, tempat tuan rumah, serta acara.


Tutorial Cara Membuat Undangan Walimah di CorelDRAW X4 mudah sekali lah, apalagi jika anda sudah punya jam terbang tinggi di dunia design grafis. untuk membuat undangan simpel seperti ini mah keciiiilll hehehe. ya, saya juga masih harus banyak belajar dan mempertahankan semangatku untuk terus berkarya di bidang desain grafis dan animasi. jika ada pertanyaan atau ada yang bisa saya bantu, monggoolah kali aja saya sempet atau bisa mbantu sebisa saya. salam corelovers!

No comments:

Post a Comment

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.