Tips Jitu Mengamankan Akun Facebook Dari Hacker Dan Para Penjahat Segala Motif


Tips Jitu Mengamankan Akun Facebook Dari Hacker - Alhamdulillah akhirnya setelah lama vakum beberapa minggu saya dapat menulis kembali di blog ini. Kali ini saya akan memberikan beberapa tips penting yang mudah-mudahan bermanfaat bagi para facebooker. Tips ini saya tulis berdasarkan pengamatan dan ujicoba keamanan dari pengguna facebook serta pengalaman pribadi sekaligus pengalaman teman saya sendiri tentang kasus penjebolan akun orang lain. Entah apa namanya yang jadi penjahat, apa hacker atau cracker (karena pada beberapa referensi terdapat perbedaan antara keduanya, entah yang jahat yang mana..hacker atau cracker, hehe ) yang jelas masyarakat umum mengatakan bahwa hacker ya orang yang suka njebol-njebol.

Nah, berikut saya tuliskan beberapa tips supaya akun facebook anda aman dari gangguan hacker baik yang bersifat pencegahan maupun untuk keamanan dan pengobatan. Tentunya tips yang saya berikan ini diluar mereka yang akun facebooknya memang sudah sengaja dijebol. Maksudnya memang akun facebook yang dimiliki email dan passwordnya diberikan cuma-cuma pada pacarnya/ kekasihnya atau bapaknya (kalo kasusnya seperti itu memang sengaja dijebol, dalam artian satu akun untuk berdua yah :D ).

Tips yang saya berikan sifatnya bisa larangan, himbauan, pencegahan dan pengobatan. Jadi barangkali ada pengguna facebook yang kebetulan sudah terlanjur dijebol akunnya maka dengan tips ini mudah-mudahan bisa direbut kembali dari orang yang meng-hack. Berikut tips yang harus anda cermati dan segera dipraktekkan jika belum :

1.   Tidak membuat password terlalu mudah ditebak orang
Jika akun facebook anda sekarang masih memiliki password yang terlalu mudah ditebak/ dihafal orang lain misalnya tanggal lahir (01011991 atau saras01012000), nama pacar (dalbanloveu atau cayankdalban), nama tempat tinggal (brebes, tegal, kalimantan, irianjayalover), dsb. Saya sarankan untuk segera merubah/ mengganti password yang baru dengan kombinasi huruf dan angka unik dan sulit ditebak.

2.      Jangan membuat status dengan menunjukkan lokasi sebenarnya dan pada "info tentang"
Membuat status dengan menunjukkan lokasi yang sebenarnya memang terlihat tidak masalah jika teman-teman facebook anda tidak punya niat jahat terhadap anda. tetapi saya sarankan jika tidak terlalu penting maka tidak perlu status dengan menambah tempat yang sesungguhnya. Gunakan saja missal tempat-tempat yang asal (contoh : anda berada di “simpang lima semarang”, maka tuliskan saja “di hotel ciputra semarang”. Hal ini merupakan langkah pencegahan akun anda dari hacker. nah, bagi anda yang memilih secret question (pertanyaan keamanan) yaitu "dimanakah tempat ibu lahir?" mungkin jawaban anda adalah "desa, kecamatan, kabupaten/ kota dimana anda tinggal" bukan? (kebanyakan sih begitu). pada kasus ini, maka saya rekomendasikan pada info tentang jangan anda tampilkan tempat-tempat tersebut.

3.     Rahasiakan email utama pada “info/ tentang” di facebook anda.
Walaupun anda sudah merahasiakan email anda, tetapi masih tetap saja diketahui orang lain melalui kirim-kiriman surat melaui email baik dengan teman, sahabat, dosen, dll. Ini tidak bisa dihindarkan karena otomatis email kita akan diketahui oleh teman itu sendiri. Email facebook utama kita juga dapat diketahui oleh orang lain melalui akun yahoo dan akun gmail yang digunakan untuk mendaftar ke facebook. Tetapi setidaknya “merahasiakan email” merupakan langkah pencegahan terutama dari orang-orang jahat yang tidak dikenal dengan baik di dunia nyata.

4.    Aktifkan pemberitahuan masuk ke email
Dengan mengaktifkan pemberitahuan masuk ke email, setiap ada orang yang mencoba menjebok facebook anda maka akan ada pemberitahuan sebagai “orang asing/ tidak dikenal” telah masuk melalui akun facebook anda sehingga langsung dapat diamankan lagi seketika itu dengan link yang dikirim oleh team facebook. perlu anda ketahui juga, bahwa email adalah kunci dari segala kunci penyelaman. jadi, jangan sampai user id dan password email anda lupa karena jika suatu saat facebook dihack, email akan menjadi penyelamat fb anda.

5.     Aktifkan pemberitahuan masuk ke ponsel
Mengaktifkan pemberitahuan masuk ke nomor ponsel anda merupakan langkah manjur supaya facebook anda aman dari gangguan setan yang berwujud manusia. Dengan menggunakan fasilitas ini, setiap anda masuk ke akun facebook maka team facebook (nomornya : 32665) akan mengirimkan kode sandi/ kode konfirmasi keamanan (biasanya 6 digit) ke nomor ponsel anda lalu anda disuruh mengetikkan kode tersebut bahwa andalah pemilik akun yang sebenarnya. Langkah ini juga dapat diterapkan pada email anda supaya memiliki keamanan ganda/ berlapis-lapis.

6.     Jangan gegabah/ sembarangan menkonfirmasi pertemanan
Jangan karena anda ingin memiliki pertemanan yang banyak maka setiap ada permintaan teman dengan mudahnya anda langsung mengkonfirmasi orang tersebut. Pastikan anda mengenalnya atau paling tidak anda yakin dengan melihat kualitas pertemanan anda terlebih dahulu. Dalam dunia pertemanan di facebook juga dikenal dengan sebutan “tiga lingkaran syetan” artinya ada orang yang dengan sengaja memiliki 3 akun bahkan lebih untuk menjebak akun facebook orang lain supaya dapat dengan mudah dijebol. Jadi, hati-hatilah mengkonfirmasi pertemanan yah. karena jika 3 lingkaran syetan tersebut secara tidak sadar terlanjur menjadi teman anda, maka dengan mudahnya facebook anda ditangan para hacker.

7.     Buka facebook minimal 1 hari sekali (harus)
Mengapa anda harus membuka facebook minimal 1 hari sekali karena dengan begitu anda telah menyelamatkan akun facebook anda sendiri. Dan jika dalam waktu 24 jam lebih anda tidak membuka akun facebook satu kalipun, maka tamat sudah riwayat akun facebook anda. akun facebook yang berhasil dijebol orang lain sebenarnya belum sepenuhnya milik si penjebol (hacker), dengan syarat.., dalam kurun waktu satu hari itu anda membuka akun facebook kembali walopun hanya sekedar membuka saja sehingga penjebolan dapat digagalkan sedangkan fb anda dapat diselamatkan (dipulihkan kembali). tetapi keharusan tersebut, bagi anda yang merasa punya banyak musuh lalu takut sewaktu-waktu facebooknya dijebol, haha :D tapi kalo tidak merasa banyak musuh ya no problem..mau dibuka seminggu 1 kali kek, sebulan kek, setahun kek, terserah anda :)

Oke, itulah sedikit tips yang dapat saya tulis hari ini. mohon maaf jika bahasanya berbelit-belit dan masih banyak kata yang tidak baku (tidak sesuai dengan EYD). untuk postingan tentang facebook dan email berikutnya, nanti akan saya jabarkan dari point-point diatas yang lebih detail lagi. akhirul kata, semoga bermanfaat. wasalam :)