Kandungan zat dan khasiat daun beluntas (pluchea indica less)


Kandungan zat dan khasiat daun beluntas (pluchea indica less) – Tumbuhan beluntas (pluchea indica less) banyak sekali dijumpai di pekarangan-pekarangan, di kebun-kebun, bahkan di sekitar rumah kita terutama daerah yang masih pedesaan.

Tumbuhan beluntas (pluchea indica less) merupakan tumbuhan semak, bercabang banyak, tumbuh tegak dan tingginya kurang lebih 2 (dua) meter bahkan bisa lebih. Tumbuhan beluntas biasanya ditanam berjajar rapi karena biasanya dibuat sebagai pembatas dan pagar hidup baik di depan rumah, samping maupun di belakang rumah. Daunnya berbentuk lonjong, panjang daun kurang lebih 6 (enam) cm dan lebarnya kurang lebih 2 ½ cm. kalau daun tersebut diremas akan berbau sedap.

Kandungan zat daun beluntas (pluchea indica less) antara lain :

1. Natrium
2. Kalium
3. Aluminium
4. Magnesium
5. Fosfor
6. Klorofil

Hasiat daun beluntas (pluchea indica less) antara lain sebagai berikut :

1. Daun beluntas (pluchea indica less) dapat berkhasiat mengobati sakit pegal linu, yaitu daun beluntas 10 lembar dicuci sampai bersih dan diseduh dengan air panas 1 gelas lalu dicampur dengan madu satu sendok makan kemudian diminum sebelum tidur.
2. Daun beluntas (pluchea indica less) dapat berkhasiat memperlancar peredaran darah,
3. Daun beluntas (pluchea indica less) dapat berkhasiat menghilangkan bau badan yang tidak enak atau tidak sedap,
4. Daun beluntas (pluchea indica less) berkhasiat menetralisir lemak-lemak di badan/ tubuh kita.
5. Daun beluntas (pluchea indica less) dapat berkhasiat menghilangkan bau badan dan bau mulut yang tidak enak.
 
Semoga bermanfaat bagi membutuhkan artikel tentang pengobatan herbal dan khasiat serta kandungan daun-daunan khususnya daun beluntas (pluchea indica less).

No comments:

Post a Comment

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.