Bagaimana cara memulai bisnis usaha cetak undangan di rumah dengan modal kecil



Bagaimana cara memulai bisnis usaha cetak undangan di rumah dengan modal kecilbisnis cetak undangan sangat mudah dilakukan dan modalnyapun tidak begitu besar. Anda bisa mengerjakannya sendiri di rumah dengan peralatan yang ekonomis, modalnya cukup dengan 1 komputer dan 1 printer.


Jika anda tidak memiliki modal yang cukup besar atau pas-pasan dalam memulai bisnis percetakan, anda belilah komputer Pentium 4 bekas atau sekend dengan harga kira-kira 400ribuan untuk CPU nya. Dan belilah monitor tabung sekend saja yang kisaran harganya 150ribuan. Setelah itu, baru belilah printer yang harganya ekonomis. Saya sarankan untuk printer gunakan printer merk canon ip 2770 yang menurut saya bandel. harganyapun relatif murah sekarang antara 400ribuan tanpa infus.

Jadi, modal anda dalam memulai usaha bisnis percetakan dansettingan undangan cukup mengeluarkan kocek untuk investasi jangka panjang usaha anda hanya 950ribuan saja. Selanjutnya anda beli kertas hvs folio ukuran 33 cm x 21,5 cm yang 70 gram untuk setting undangan model fotokopi. Lalu untuk model-mdel undangan yang memiliki desain dan motif bagus, blangko undangannya bisa anda beli ketika ada customer yang akan membuat undangan. Setelah anda memperoleh keuntungan dari usaha bisnis tersebut, barulah anda menabung model-model, motif-motif dan design undangan dengan beraneka macam.

Sekedar untuk pengetahuan, harga settingan undangan untuk fotokopi perlembarnya 4ribu sampai 5ribu rupiah. Dan jika customer maunya tinggal beres, anda tinggal menghargai undangan tersebut perlembarnya 400 rupiah atau sesuai perhitungan modal. Yang jelas, usaha cetak undangan kisaran untungnya 200% sampai 300%. Contoh : kertas motif blangko undangan kosong dari toko harganya 500, setelah anda cetak dan diberi plastik sesuai jumlah pesanan, harganya bisa sampai 1500 atau bahkan 2000 rupiah perbiji atau perlembar.

Nah, untuk motif-motif undangan yang untuk keperluan fotocopy anda bisa mendowload gratis di blog ini sebanyak-banyaknya untuk koleksi disimpan di computer anda. jadi, sewaktu-waktu bisa digunakan langsung untuk melayani cetak undangan sederhana fotocopy. Klik saja label/ kategori ‘download undangan’, ‘undangan gratis’, ‘template undangan’ semua bisa anda download gratis sepuasnya, ada yang disimpan di ziddu ada yang disimpan di situs dropbox.

Bisnis cetak undangan bisa dilakukan oleh siapa saja baik anak pelajar SMA, mahasiswa, guru, bahkan siapapun asal ada kemauan karena modalnya tidak besar. Bisnis ini juga bisa dijadikan usaha sampingan yang sewaktu-waktu menghasilkan keuntungan yang melimpah seperti pada moment-moment lebaran, idul adha, pernikahan, tasyakuran-tasyakuran, khitanan/ sunatan, khajatan dan lain-lain.

Selain itu juga, disamping membuka percetakan undangan dan settingan komputer anda juga dapat membuka konter kecil-kecilan dengan menyediakan pulsa dan voucher fisik pulsa maupun sedia kartu perdana sebagai pelengkap dan untuk mengembangkan sayap bisnis anda jika modalnya sudah semakin banyak.

No comments:

Post a Comment

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.