Animasi Cahaya Berjalan dengan Efek LENS FLARE di Adobe After Effect

Animasi Cahaya Berjalan dengan Efek LENS FLARE di Adobe After Effect - assamu'alaikum wr.wb. alhamdulillah berjumpa lagi di tutorial yang ketiga yaitu bagaimana cara membuat animasi cahaya berjalan dengan penggunaan efek lens flare di adobe after effect pada teks yang perlahan muncul diiringi dengan petir menyambar.

untuk melangkah pada tutorial ini, sebaiknya anda ikuti tutorial sebelumnya yaitu tentang pembuatan animasi teks berjalan, kemudian tutorial yang kedua tentang animasi petir menyambar dan berjalan. jadi biar keren, dalam sebuah opening film ada 3 efek sekaligus biar belajarnya tidak terpisah-pisah alias berkelanjutan utawi kesinambungan, hehe.

berikut langkah-langkah lanjutan untuk tutorial pembuatan animasi dengan efek cahaya (lens flare) di adobe after effect cs3.

1. buat layer baru. klik menu layer -> new -> solid. beri nama layer 'cahaya'. klik make comp size, kemudian warna bakground hitam. klik OK.

2. Klik menu effet -> generate -> lens flare.

3. nah, akan tampil efek cahaya seperti pada gambar dibawah. anda atur lens brightness nya (yang dilingkari) menjadi 130 supaya cahaya lebih terang. ketik 130, lalu tekan enter.

4. klik tombol toggle switches/ modus (1), kemudian klik tanda panah yang menghadap ke bawah pada layer cahaya (2).

5. pilih add.

6. sekarang layer cahaya sudah transparan dengan penggunaan mode ADD. kita lanjutkan dengan mendrag posisi pusat cahaya ke huruf P pada kata pendy (1). kemudian klik tombol stopwatch di sebelah lens center (2). lalu drag posisi timeline ke detik 4 (3).

7. selanjutnya geser posisi pusat cahaya dengan mendrag ke huruf terakhir. untuk mencoba animasinya anda bisa tekan tombol space atau klik PLAY pada time control.

8. sekarang anda sudah punya title opening 'pendy studio art' dengan efek linear wipe (teks muncul secara perlahan) dan diiringi dengan cahaya serta petir menyambar.

nah, selesai sudah pembuatan tutorial dasar untuk judul opening title film tentang animasi transition pada teks berjalan dengan linear wipe, kemudian efek lightning (petir) dan efek lens flare (cahaya). jika ada yang perlu ditanyakan atau kurang jelas, jangan sungkan-sungkan untuk menanyakan. ayo kita sama-sama belajar disini. semoga bermanfaat dan selamat mencoba!