Cara Membuat Animasi Teks Berjalan dengan Efek Linear Wipe di Adobe After Effect

Cara Membuat Animasi Teks Muncul Perlahan dengan Efek Linear Wipe - assalamu'alaikum wr.wb. bagaimana kabarnya? alhamdulillah setelah beberapa hari vakum, akhirnya saya bisa posting lagi dengan topik tentang adobe after effect yaitu tutorial bagaimana cara membuat teks muncul atau teks berjalan perlahan yang biasanya digunakan untuk animasi pada pembuatan title opening film.

pada tutorial ini, saya fokuskan hanya pada pembuatan efek dan animasi teks saja, lebih tepatnya menggunakan efek transition jenis linear wipe yang merupakan salah satu efek animasi di adobe after effect. pada saat saya membuat tutorial ini, saya gunakan adobe after effect versi 8 / CS3. baik langsung saja kita belajar bersama dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut.

1. silahkan buka software adobe after effect cs3 yang sudah diinstal di komputer anda. buat komposisi baru dengan mengklik menu composition -> new composition.

2. akan tampil composition setting seperti pada gambar. beri nama composition name, misal: opening. kemudian ubah preset menjadi PAL D1/DV Square. lalu kita buat durasinya 8 detik. ketikan 08 setelah 00:00:08:00. (00 pertama adalah jam, 00 kedua adalah menit, 00 ketiga adalah detik dan 00 ke empat adalah frame).

3. selanjutnya kita buat layer teks. klik menu layer -> new -> text.

4. ketik teks sesuai keingian anda. misalnya: pendy studio art. gunakan selection tool pada menu tool bar di pojok kiri atas, anda bisa besarkan ukuran teksnya tinggal di drag saja.

5. selanjutnya beri efek transition linear wipe. klik menu effect -> transition -> linear wipe.

6. kemudian pada effect control, anda atur nilainya.
   TRANSITION COMPLETION: 100%
   WIPE ANGLE : 270
   FEATHER : 40

7. Selanjutnya kunci / klik tanda stopwatch (1) di sebelah transition completion. lalu geser timeline (2) nya pada detik delapan. dan atur nilai transition completion menjadi 0% (3). (100% maksudnya teks akan menghilang sempurna, sedangkan 0% teks akan muncul kembali secara perlahan). silahkan klik PLAY (4) untuk mencoba gerakan animasi teks nya.

8. nah, seperti ini hasilnya. pada detik 0 teks tidak ada, kemudian berangsur-angsur muncul secara perlahan sampai sempurna muncul semua.

itulah tutorial sederhana bagaimana cara membuat animasi teks berjalan atau muncul secara perlahan dengan efek linear wipe di adobe after effect cs3 atau versi 8. tutorial dapat diprakktekkan pada adobe after effect versi dibawahnya maupun versi di atasnya. project file mentahnya bisa anda download disini untuk latihan.

nah, tutorial dasar ini mudah-mudahan bisa anda pahami sehingga kita lanjutkan pada tutorial berikutnya yaitu penambahan animasi petir berjalan dan menyambar menggunakan efek advanced lightning serta dilengkapi dengan animasi cahaya dengan efek lens flare yang mengikuti munculnya teks. selamat berlatih!

No comments:

Post a Comment

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.