Tutorial Membuat Design Undangan Full Colour Simple

Tutorial Membuat Design Undangan Full Colour - assalamu'alaikum wr.wb. alhamdulillah bisa posting lagi dengan topik coreldraw. kita akan belajar membuat desain undangan warna sendiri di coreldraw walaupun sederhana. makanya pada judul saya tambahkan kata simple, karena ya memang tutorial undangan yang akan saya tulis bisa dikatakan sederhana. tutorial ini pas banget sama mereka yang baru kenal sama software coreldraw tapi punya semangat yang tinggi untuk belajar membuat design undangan sendiri.

baiklah sesuai judul postingan yaitu tutorial membuat udangan full colour simple, maka jelas sudah undangannya sudah pasti berwarna full dan sederhana karena kita hanya bermain dengan teknik-teknik sederhana atau dasar. untuk menyingkat waktu (kayak pidato bae bahasane yah, haha) mari kita simak tutorial berikut (saya pake coreldraw x4).

1. buka software coreldraw pastinya yah, bukan buka celanyanya, hehe. atur ukuran kertas A4. ubah orientasi dengan landscape dan unitnya centimeter supaya lebih mudah untuk memperkirakan ukuran pada saat mendesign dan mengeprint.

2. buat kotak/ persegi empat dnegan rectangle tool seukuran tampilan layout A4.

3. beri warna gradien fill colour seperti pada gambar.

4. kita akan tambahkan gambar/ foto ke dalam desain undangan yang kita buat. klik import (CTRL+I), kemudian pilih foto sesuai keinginan (kalo saya sudah diseleksi dengan bezier tool dan dipotong pake intersec)

5. selanjutnya, foto tersebut akan kita buat menjadi tranparan pada bagian bawahnya. klik interactive transparancy tool.

6. kemudian drag mouse dari atas ke bawah objek, sehingga akan terlihat seperti pada gambar. bagian bawah objek gambar menjadi remang-remang/ transparan.

7. berikan teks 'undangan' di tas gambar. klik text tool, kemudian ketik kata "undangan". selesai diketik, klik pick tool. dan silahkan ganti jenis hurufnya sesuka anda yang lebih keren.

8. buat kotak dengan rectangle tool, lalu klik shape tool. klik mouse pada sudut kotak tersebut, drag ke dalam. sehingga objek kotaknya menjadi tumpul pada sudutnya.

9. berikan warna fill pada kotak tersebut. dan berikan bayangan (shadow). klik drop shadow dan drag mau dikemanakan bayangan tersebut sesuai selera anda.

10. selanjutnya kita berikan teks tambahan untuk : kepada yth., tuan rumah, trut mengundang, hari dan tanggal pernikahan/ khitanan/ sunatan, tempat, dll.

Anda bisa variasikan undangan yang sudah dibuat seperti contoh dibawah ini:



mudah kan? itulah Tutorial Membuat Undangan Full Colour Simple, semoga bermanfaat. anda bisa berlatih dengan imajinasi dan kreatifitas anda sendiri dengan penambahan ornamen, bingkai, frame, asesoris abstrak, dll di corel draw. anda bisa belajar teknik-teknik maupun caranya dengan mengklik label tutorial coreldraw yang ada di blog ini. pokoknya tutorial-tutorialnya akan saya update terus sesuai perkembangan otak dan pengalaman saya, hehe. salam corelovers & salam vektor!

No comments:

Post a Comment

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.