Cara Cepat Membuat Gelas Wyne di Software Blender

Cara Cepat Membuat Gelas Wyne di Software Blender - assalamu'alaikum wr.wb. di pagi yang sejuk ini dengan diiringi suara gemericik air hujan, mungkin sungguh nikmat rasanya bila masih di tempat tidur bermalas-malasan hahaha. eits, tapi jangan sampai kenikmatan itu mengundang penyesalan karena tugas dan kewajiban yang sudah diagendakan terbengkalai. so, walopun hujan deras musti harus tetap jaga terus semangat dan jangan lupa tetap jaga kesehatan. oiya, kali ini tema postingannya adalah tentang cara membuat objek gelas di software blender.

alhamdulillah kita masih bisa belajar dan berbagi ilmu tentang dunia it pada umumnya dan tentang dunia desain grafis & animasi pada khususnya. oke, sebelum memulai latihanna membuat objek gelas simple di blender barangkali anda mau menyiapkan dulu jajanan sama minumannya misal gorengan, kacang, kue, teh manis anget, atu kopi kek hehehe. pastikan juga di komputer sudah terinstal aplikasi blender yang siap pakai, kalo belum download aja disitus resminya www.blender.org. free lisensi, gratis tanpa bayar, tanpa daftar, tanpa iklan, tanpa syarat, dan tanpa-tanpa yang lainnya.

mungkin saya sudahi dulu basa basinya, barangkali ada yang sudah tidak sabar dan tidak suka dengan basa basi yang panjang lebar. karena tipe dan karakter orang beda-beda sih yah.. eh ya, basa basi lagi deh. baik, langsung saja kita mulai inilah tutorial teks gratis yang bisa anda ikuti step by step (langkah demi langkah) bagaimana cara membut gelas wyne (gelas yang kakinya cuma satu maksudnya). lets go!

1. buka software blender. tekan tombol X klik delete

2. klik create -> pilih cylinder.

3. pilih mode edit mode. pilih mode face pada objek.

4. seleksi face atas dengan cara klik kanan, kemudian tekan tombol X pilih face (menghapus face atas, sehingga nanti akan bolong)

5. tekan tombol angka 1 pada numpad (atau klik view -> top). buat segmen garis dengan cara tekan tombol CTRL+R.  buatlah 3 segmen saja.

6. pilih edge mode kemudian seleksi segmen tengah dengan cara klik kanan, lalu tekan dan tahan tombol ALT, akhiri dengan klik kanan pada edge sebelahnya. sehingga nanti didapatkan edge melingkar, supaya daapt disesuaikan dengan mudah.

7. tekan tombol S, geser mouse untuk memperbesar (menggembungkan)

8. lakukan pada edge yang lainnya (sesuaikan agar bentuknya realistis). selanjutnya ke mode face, anda klik kanan pada face bawah. lalu ke tampilan front (numpad 1).

9. tekan tombol E (ekstrude), geser mouse ke bawah.

10. kembali ke object mode. tekan S untuk menscale ukuran (memperbesar atau memperkecil objek)

11. lanjut ke et mode lagi. lakukan ekstrude pada bawah kaki gelas, lalu tekan s untuk memperbesar pijakan gelas. pastikan modenya pake mode face.

12. kembali ke objek mode. klik MODIFIER -> SUBDIVISION SURFACE.

13. Klik tool -> smooth.

14. sekarang kita tinggal beri warna dengan pilih material -> klik tanda plus -> pilih warna pada diffuse.


nah, itulah sahabat blogger un2kmoe semuanya tentang tutorial modeling gelas secara gampang dan simple alias sederhana, semoga dapat dipahami dengan mudah oleh anda yang masih belajar seperti saya. jika anda menginginkan FILE PROJECT MENTAH OBJEK GELAS nya anda bisa download gratis klik saja DISINI. sampai disini dulu tutorial ini, apabila ada kata-kata yang kurang jelas atau tidak bisa dipahami silahkan jangan sungkan-sungkan untuk bertanya. kita disini sama-sama belajar kok. selamat berlatih dan berjuang! salam blender indonesia!

No comments:

Post a Comment

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.