Cara Mudah Membuat Tulang (Rigging) Objek Alien di Blender

Cara Mudah Membuat Tulang (Rigging) Objek Alien di Blender - assalamu'alaikum wr.wb. berjumpa lagi di blog un2kmoe yang sederhana ini, semoga anda dan keluarga dalam keadaan sehat dan sukses selalu, aamiin. postingan malam jum'at ini saya isi dengan tema masih berkutat pada tutorial software blender yaitu tentang bagaimana cara membuat penulangan atau istilahnya rigging objek alien atau karakter di blender 3D.

proses rigging ini akan menentukan kualitas sempurna tidaknya dari hasil pembuatan animasi atau gerakan pada objek karakter alien nantinya. karena apabila tulang tidak disatukan dengan objek secara sempurna bisa jadi gerakan yang dihasilkan akan kacau seperti orang kena penyakit struk, hehe. atau bahkan ketika sudah dibuat tulang cape-cape ketika digabungkan ternyata hasilnya nihil alias gagal total.

nah, untuk belajar membuat tulang (rigging) pada alien atau karakter, sebelumnya anda bisa download file project mentah karakter alien disini gratis yang bisa anda edit tanpa bayar, tanpa lisensi, tanpa daftar, tanpa syarat untuk bahan praktek pada tutorial rigging kali ini. sedangkan tutorial cara mudah membuat tulang (rigging) objek alien - nya akan dijelaskan sebagai berikut.

1. buka file alien yang sudah anda download. langsung kita akan buat tulang dengan teknik single bone. klik add -> armature -> single bone

2. akan muncul tulang dengan satu bone (tulang). klik tab bone modifier -> klik beri tanda centang pada x-ray supaya tulang bisa kelihatan.

3. pastikan dulu modenya pada edit mode. klik kanan tulang, kemudian tekan tombol W di keyboard lalu pilih subdivide. maka tulang (bone) akan terbagi menjai dua secara otomatis.

4. klik kanan ujung tulang atas, lakukan ekstrude tulang pada sumbu y sejauh 1. caranya tekan tombol E+Y+1 untuk ekstrude tulang ke kanan. dan E+Y+(-)1 untuk ekstrude tulang kekiri. (lihat gambar)

5. seleksi ujung-ujung kedua tulang untuk tangan. klik kanan di salah satu tulang, tekan shift lalu tahan, klik kanan pada ujung tulang satunya. tekan E langsung klik kiri. kemudian untuk memunculkan anda tinggal tekan S untuk skala tulang (bone) lalu geser mouse. beres!

6. anda sudah punya pengalaman untuk ekstrude tulang belulangnya. lakukan ekstrude untuk tulang leher dan kepala seperti pada gambar.

7. nah, untuk tulang kaki sengaja saya buat tersendiri dari bone single yang baru yang nantinya akan digabung dengan tulang sebelumnya, caranya klik add -> armature -> single bone.

8. setelah satu tulang sudah dibuat, silahkan anda tinggal lakukan ekstrude-ekstrude sesuai kebutuhan.

9. hasilnya seperti dibawah ini. saya buat dengan perpanjangan sampai 3 segmen tulang dari hasil ekstrude bone.

10. jika tulang sebelah kanan sudah jadi, anda tinggal duplikat saja. tekan shift+D, klik kiri. geser dengan sumbu yang sesuai.

11. selanjutnya anda seleksi kedua tulang dan lakukan penggabungan antara tulang yang sudah dibuat sebelumnya dengan tulang kaki yang baru dibuat tadi. caranya tekan ctrl+p, pilih bone object.

12. nah, setelah tulang sudah disatukan. sekarang kita akan gabungkan dengan objek karakternya. seleksi objek kemudian klik kanan bone, tekan CTRL+P lalu pilih with automatic weight. sudah deh.. kalo proses sudah berhasil, anda bisa cek apakah tulang sudah bergabung dengan objek alien atau belum. kalo sudah menyatu tandanya ketika kita ke mode pose, objek akan bergerakn mengikuti tulang yang kita gerakan dengan cara merotasi (perputaran - R), menggeser objek (G), atau menscale (memperbesar/memperkceil - S).

nah, itulah tutorial cara rigging dengan single bone di software blender 2.72b yang bisa saya tulis di malam jum'at ini semoga bisa dipahami dengan baik oleh anda. adapun jika ada hal-hal yang butuh penjelasan lebih lanjut, anda dapat menanyakannya langsung di kolom komentar yang berada dibawah. itu saja, semoga bermanfaat, salam blender indonesia!

No comments:

Post a Comment

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.