Peluang Usaha Cetak Undangan Rumahan dengan Modal Sedikit (Step by step!!)

Inilah Peluang Usaha Cetak Undangan Rumahan dengan Modal Murah Meriah (Step by step!! dari NOL tahun ini yang dapat dikerjakan oleh siapapun dan dimanapun dari bawah sekalipun.

Peluang Usaha Cetak Undangan dari nol
ini gambar usaha percetakan saya tahun 2012, selain melayani cetak undangan juga melayani service komputer dan konter


Bagi anda yang ingin merintis usaha percetakan dari bawah alias dari nol dengan modal sedikit, yang dapat dilakukan mulai dari kalangan pelajar, mahasiswa, atau bahkan yang sudah bekerja sekalipun, peluang usaha cetak undangan mungkin cocok untuk dijadikan bisnis utama maupun bisnis sampingan anda yang dapat dikerjakan di rumah dengan modal sedikit.

bisnis percetakan dengan modal nol untuk pemula
usaha dilakukan di rumah dan saya pasang plang dengan plat besi yang sebelum hanya pake spanduk


Walaupun peluang usaha cetak undangan ini kesannya hanya musiman tetapi ketika anda mendapatkan order dari pelanggan, keuntungannya lumayan besar loohhhh… bisa sampai 3 x lipat keuntungan bersihnya.

Peluang merintis usaha percetakan dari nol ini tidak hanya dilakukan oleh orang dewasa saja tetapi juga dapat dilakukan oleh pelajar SMA/ SMK sekalipun asal punya sedikit keterampilan dengan aplikasi Ms. Word dan CorelDRAW. Tidak harus ahli, tetapi sedikit pengetahuan saja.

Lalu, apa saja sih yang harus dipersiapkan dalam memulai bisnis cetak undangan dengan modal nol ini??
Nah, langkah awal yang harus anda persiapkan dalam memulai merintis bisnis cetak undangan adalah sebagai berikut.

#1. Anda memiliki 1 unit komputer atau laptop juga bisa.
Komputer/ laptop tidak harus membeli yang baru, anda cukup memanfaatkan komputer/ laptop yang sudah anda yang mungkin anda gunakan sekarang.

Peluang Bisnis Cetak Undangan dari bawah dengan modal nol
gambar komputer pentium 4 dan printer mp 287 yang saya gunakan untuk mencetak undangan dari pelanggan (dulu masih pake monitor tabung) tahun 2012


Untuk spesifikasi komputer, saya tidak menyarankan yang susah-susah, cukup yang penting computer mampu menjalankan aplikasi Ms. Word 2003 dan CorelDRAW 11. Itu sudah cukup jika anda tidak ingin mengeluarkan banyak modal.

Kalaupun anda harus membeli dan modal anda pas-pasan, silahkan anda cari komputer bekas atau sekend yang Pentium 3, Pentium 4 atau yang Dual Core jaman dulu asal masih normal dan berfungsi dengan baik yang harganya relatif murah.

Mungkin kalo yang Pentium 3 anda 100ribuan dapet tuh monitor yang tabung plus CPU nya. Tapi kalo anda mau beli yang dual core jaman dulu, mungkin utuk CPU nya kisaran harganya 100 sampai 300ribuan. Untuk monitor optional bisa menggunakan monitor tabung maupun yang LCD, yang LCD bekas juga murah kok… 200ribu sampai 400ribuan lah.

#2. Anda memiliki 1 unit printer dalam kondisi baik.
Jika anda sudah memiliki printer di rumah, merk apapun itu silahkan digunakan saja. Asal masih normal katridge nya dan berfungsi dengan baik. Jika anda sudah memiliki printer itu berarti anda tinggal menjalankan bisnis cetak undangan di rumah langsung.

Printer rekomendasi saya untuk awal sih kalo mau membeli yang baru mungkin printer merk Canon 2770 atau Canon MP 258, MP 287. Harga kisarannya 500ribu sampai 700ribuan.

#3. 1 buah penggaris besi ukuran 50 cm.
jika tidak punya, yang penting penggaris apa saja dan panjang berapa saja asalkan masih ada tulisan ukurannya.

#4. Kertas HVS Folio (F4) 70 Gram.
Belilah kerta HVS 70 Gram merk Sidu, Mirage atau yang merk lain (yang tanpa merk juga ada sih dan lebih murah). Tapi kalo saya pasti belinya merk Sidu soalnya kualitas kertasnya lebih halus, bening dan bersih. Saya pernah coba pakai merk lain terus saya jejerkan memang kualitasnya berbeda.

5. Blangko Undangan kosong
Blangko undangan dapat anda beli di toko kertas dan percetakan di kota terdekat anda. Blangko undangan harganya bervariasi mulai dari yang sangat mudah sampai yang sangat mahal. Dari yang harganya hanya 200 rupiah sampai yang puluhan ribu rupiah.

Peluang Usaha Cetak Undangan dari nol
salah satu contoh blangko undangan kosong yang sudah saya cetak untuk pesanan undangan pernikahan. yang ini harga blangkonya saya beli 400 perak dan dijual seharga 1500/ undangan. lumayan kan? :)

Blangko undangan ini motifnya sudah didesain oleh pabrik, tulisan emasnya sudah ada (misal pada teks undangan yang biasanya berwarna emas) itu sudah dari sananya, bukan kita yang mencetak. Jadi, motif, desain, gambar bunga, relief, lekukan, tinta emas, itu sudah dari sananya dan kita tinggal memilih motif yang disukai customer atau pelanggan/ pemesan.

6. Komputer/ laptop anda minimal sudah diinstall program Ms. Word (Minimal Versi 2003) dan CorelDRAW (Minimal Versi 11).
Ini optional dan minimal, jadi jika komputer anda lebih canggih silahkan install program – program yang banyak sesuai kemampuan komputer masing – masing.

nanti jika anda sudah memiliki rejeki lebih dengan membeli komputer yang baru, boleh diupgrade software nya versi yang lebih tinggi, office nya yang 2007 atau 2010 dan yang corelnya versi X4 sampai X8.

7. Spanduk promosi/ banner/ plang
Untuk baru memulai usaha anda cukup pasang banner atau spanduk kecil di bawah atap maupun ditempel pada tembok depan rumah anda.

Jika menggunakan plang yang terbuat dari plat seng/ besi biasanya dipasang di depan rumah anda persis. Tapi, yang jelas pembuatan papan plang ini tentunya membutuhkan biaya yang lebih mahal. Jadi, alangkah baiknya jika untuk plang nanti saja setelah usaha percetakan anda sedikit demi sedikit berkembang dan maju.

8. Buat fanspage di facebook sesuai nama usaha percetakan undangan anda
Biar lebih jos lagi, silahkan buat juga blog, halaman twitter, halaman instagram, line, bikin brosur, dsb. Tentunya disesuaikan dengan dana anda yaaahhh.

Kesimpulan :

Jika anda sekarang sudah memiliki komputer atau laptop dan printer, maka anda sudah dapat memulai usaha percetakan undangan sendiri di rumah.

Mulai dari kalangan pelajar SMA, SMK, Mahasiswa, bahkan yang sudah bekerja sekalipun dapat memanfaatkan peluang bisnis cetak undangan ini karena untungnya lumayan besar walaupun hanya musiman.

Demikianlah artikel tentang peluang usaha cetak undangan rumahan dengan modal nol dari bawah ini semoga dapat menginspirasi bagi masyarakat yang akan memulai usaha percetakan tapi modalnya pas-pasan. Bagaimana? anda tertarik untuk melakukan bisnis cetak undangan?

silahkan selamat mencoba :)
wirausaha itu kerennnnn...!!!

No comments:

Post a Comment

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.