Kandungan zat dan khasiat daun kemangi (ocimum americanum l. ocinum sanetum l.)



Kandungan zat dan khasiat daun kemangi (ocimum americanum l. ocinum sanetum l.) – berhubung ada orang yang bertanya tentang khasiat dan kandungan zat yang ada di dalam daun kemangi, akhirnya saya postingkan tulisan ini di blog.


Kebetulan teman sedang melakukan penelitian tentang khasiat daun kemangi untuk skripsinya di program studi biologi. Nah, langsung saja penjelasan tentang tumbuhan Kemangi, yaitu merupakan tanaman semak dengan tinggi batang 40 sampai dengan 100 cm. batangnya berkayu kecil bercabang banyak dan berwarna cokelat kehijau-hijauan. Daunnya berbau aromatic, sedap, segar, dan berbentuk bulat telur, ujungnya runcing pangkalnya tumpul dan tepinya bergerigi.

Khasiat daun kemangi diantaranya adalah :

1. Untuk memperlancar air susu ibu
2. Untuk menghilangkan bau badan yang tidak enak/ tidak sedap
3. Untuk mengurangi lemah jantung (memperkuat jantung)

Kandungan zat yang ada dalam daun kemangi sendiri antara lain :
Daun kemangi mengandung minyak atsiri (metyl chaficol) saponin, flafonoid, dan tannin.

Semoga bermanfaat bagi membutuhkan artikel tentang pengobatan herbal dan khasiat serta kandungan daun-daunan khususnya daun kemangi.

No comments:

Post a Comment

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.