Tutorial Blend Tool Garis & Lingkaran di Corel Draw

Tutorial Blend Tool Garis & Lingkaran di Corel Draw - Walaupun tutorial ini sudah sering bahkan hampir selalu digunakan oleh para designer dalam bidang pervektoran tetapi karena belum saya tulis di blog ini, maka akan kita bahas penggunaan salah satu tool yang ada di coreldraw yang bernama blend tool dengan menggunakan media garis dan lingkaran serta pewarnaan gradient dari dua objek atau lebih.

Supaya anda bisa lebih paham, anda bisa langsung buka aplikasi coreldraw nya dan ikuti langkah-langkah yang saya tuliskan disini. Blend tool itu sebuah fasilitas di corel draw untuk memperbanyak objek sesuai jumlah yang kita inginkan.

1. Coba anda buat bentuk lingkaran seperti pada gambar dengan elips tool.
2. Copy paste atau duplicate elips tersebut.

3. Geser lingkaran hasil duplikasi ke tempat yang lain. Anda bisa ubah warna yang berbeda pada kedua lingkaran tersebut.

4. Klik blend tool, drag dari lingkaran pertama ke lingkaran kedua. Lihat hasilnya.

Nah, contoh diatas adalah penggunaan 2 objek yang sama yaitu elips tool. Berikutnya kita coba menggunakan line atau garis. Anda bisa membuat garis dengan pen tool, Bezier tool, free hand tool, dll. Kita samakan langkah yaitu dengan menggunakan fasilitas Bezier tool. Bezier tool adalah untuk membuat garis dengan satu klik di akhir. Dapat juga kita gunakan untuk garis lengkungan secara cepat.

1. Buat satu garis lurus dengan Bezier tool. Klik Bezier tool, klik titik awal kemudian geser mouse klik titik akhir garis.

2. Kemudian, kita buat garis lekak lekuk atau garis bebas dengan freehand tool. Anda dapat menggunakan freehand tool seperti menggambar di kertas pake pensil. Klik free hand tool, drag mouse kearah manapun yang anda kehendaki, missal seperti pada contoh gambar berikut.

3. Beri warna yang berbeda atau sesuai selera.

4. Lakukan proses blend yaitu dengan mendrag dari garis pertama ke garis kedua. Dan hasilnya seperti berikut.

Selain antar dua objek ataupun garis yang sama, anda juga dapat mencoba melakukan praktek blending pada dua objek yang berbeda. Contohnya seperti pada gambar dibawah ini.
Contoh penggunaan keajaiban blend tool, misalnya untuk hiasan banner, brosur, flyer, spanduk, undangan atau produk design yang lain seperti gambar berikut :
Itulah tutorial tentang keajaiban blend tool. semoga bermanfaat dan selamat mencoba.