Tutorial Cara Membuat Animasi Bendera Berkibar di Blender Pemula Part 2

Tutorial Cara Membuat Animasi Bendera Berkibar di Blender Pemula Part 2 - Tutorial ini merupakan tutorial lanjutan pada tutorial animasi bendera sebelumnya dengan menggunakan software blender 2.72. untuk versi yang terbaru saat saya menulis postingan ini sudah rilis versi blender 2.73b.

berikut langkah-langkah menganimasikan/ membuat bendera supaya bisa berkibar seperti halnya kain yang tertiup angin. silahkan disimak tutorial bagaimana menggerakan kain bendera supaya berkibar berikut, semoga bisa dipahami. tapi, pastikan dulu, anda sudah punya file objek bendera nya. atau download di forum blogger.

1. buka file objek kain bendera yang telah anda buat pada tutorial part 1.

2. tambahkan efek angin (wind). caranya klik ADD -> FORCE FIELD -> WIND. maka akan muncul lingkaran-lingkaran angin.

3. lakukan rotasi dengan menekan tombol R, Z di keyboard lalu geser mouse. kemudian lakukan perbesaran ukuran (skala) dengan tombol S, geser mouse supaya ukuran angin menjadi lebih besar.


4. klik "phisic" di sebelah kanan taskpane. ubah nilai strengt menjadi 300 dan noise menjadi 10.

5. selanjutnya, aktifkan kain benderanya dengan klik kanan pada objek bendera. klik "phisic" dan beri centang (cecklis) pada pinning. klik dibawahnya pilih ikat. kemudian beri centang juga pada 'self collision.'

6. silah dicoba animasinya dengan mengklik PLAY.


itulah cara supaya objek kain bendera yang anda buat bisa berkibar dengan fitur WIND di blender. semoga bermanfaat bagi yang sedang membutuhkan tutorial ini. untuk tutorial cara pembuatan objek kain benderanya anda bisa buka postingan saya sebelumnya, atau langsung saja klik ini: Tutorial Cara Membuat Animasi Bendera Berkibar di Blender Pemula.

No comments:

Post a Comment

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.