Cara Mudah Membuat Sertifikat Seminar & Workshop di CorelDRAW

Cara Mudah Membuat Sertifikat Seminar & Workshop di CorelDRAW - assalamu'alaikum wr.wb. kalo pada postingan terdahulu ada judul 'download sertifikat simple filetype: cdr', kalo hari ini kita akan bahas khusus tutorialnya yaitu cara membuat sertifikat sendiri di coreldraw dengan mudah.


pada tutorial pembuatan sertifikat di coreldraw x4 ini teknik-teknik yang saya gunakan meliputi pemanfaatan tool rectangle (kotak), bezier, interactive blend tool, teknik shape dan beberapa tool yang lain. untuk langkah-langkah cara membuatnya sbb:

1. atur kertas A4. orientasi: lanscape. units: centimeters
2. buat objek kotak seukuran lay out.
3. buat garislurus melintang dengan bezier tool
4. klik shape tool, lalu klik convert to curve. kemudian atur arahnya supaya melengkung.
5. ubah ketebalan outline, pilih 8 point.
6. kemudian kopi paste garis melengkung tadi. ubah ketebalan menjadi 1 point.
7. klik shape tool. atur garis lengkung yang kecil tadi.
8. buat tulisan certificate. klik text tool, kemudian ketikkan certificate. akhiri dengan mengklik pick tool.
9. kita akan buat hiasan lengkung-lengkung dengan teknik blend tool. sebelumnya kita buat garis melintang seperti pada gambar dengan bezier tool.
10. selanjutnya kita buat garis lengkung bebas dengan free hand tool.
11. buat seperti pada gambar. caranya dengan mendrag bezier tool sesuai keinginan.
12. klik interactive blend tool. drag dari garis satu (yang garis luru) ke garis kedua (garis yang pake free hand tool).
13. kemudian atur ujung-ujungnya supaya pas di kotak background.
14. berikan warna merah pada lengkungan yang tebal. warna hitam 40% pada ornamen yang pake blend tadi.
15. kopi paste garis lengkung hitam lalu atur posisinya, sehingga ada 3 garis lengkung. lanjutkan dengan klik pada ornamen yang dibuat pake blend tool, lalu tekan SHIFT+PageDown di keyboard (supaya berada di belakang teks).
16. anda bisa menyisipkan logo institusi/ lembaga, logo sekolah, ataupun logo perusahaan di pojok kiri atas. kemudian klik text tool, drag dari kiri tengah ke kanan pojok bawah. silahkan ketikkan kata-kata maupun kalimat sesuai penggunaan sertifikat, misal untuk workshop, pelatihan, seminar, atau sertifikat penghargaan.
17. buat teks utk ditempatkan dibawah logo. klik teks tool, kemudian atur rotation menjadi 90 derajat pada tolbar atas.

18. ubah jenis font dengan memilih salah satu font yang sesuai. kalo saya pakenya jenis mistral.

19. beri hiasan lain, misalnya lengkungan yang seperti pada gambar (yang warnanya biru tua, biru muda, hijau itu loohh..hehe, silahkan berekslorasi dan bereksperimen sendiri sesuai kreativitas anda).

download versi cdr atau file mentah yang bisa anda edit/ modifikasi sendiri klik disini atau klik disini. sehingga bisa anda pergunakan sesuai keperluan.

itulah tutorial coreldraw tentang bagaimana cara membuat desain sertifikat atau template sertifikat sendiri di coreldraw dengan mudah dan sederhana, semoga bermanfaat bagi yang membutuhkannya. Untuk contoh blangko template desain sertifikat lainnya bisa anda download gratis pada link berikut:


No comments:

Post a Comment

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.