Tutorial Cara Membuat Teks Effek Metal di CorelDRAW

Tutorial Cara Membuat Teks Effek Metal dengan CorelDRAW - Assalamu’alaikum Wr.Wb. syukur alhamdulillah masih diberikan nikmat sehat dan berbagi ilmu tentang dunia desain grafis wabil khusus lagi membahas cara membuat efek metal tulisan di corelDRAW.

Nggedabrus kali ini memang terbilang sudah banyak yang membahas pembuatan efek metal yang ditempatkan pada teks seperti ini, tapi tidak ada salahnya jika saya mengangkat tema ini untuk keseribu kalinya mungkin, hehe.. kebetulan juga di blog kutukupret ini memang belum ada tutorial yang membahas pembuatan tulisan dengan efek metal di coreldraw.

Tutorial ini sebenarnya cukup mudah dipraktekkan, karena hanya menggunakan teknik intersect antara 2 objek yaitu objek metal (yang didapat dari hasil download) dengan objek teks yang sebelumnya sudah diseleksi. sebelum praktek langsung download dulu gambar metal (besi) dibawah:


Baik untuk menyingkat waktu (kaya pidato bae yah, haha..) langsung saja ikuti langkah-langkah berikut. Cekidoowt!!

1. buat kotak persegi panjang untuk background dengan rectangle tool (f6).

2. beri warna fountain fill colour (warna gradasi).

3. ubah type menjadi linier. Berikan warna gradasi dari hitam ke putih. Untuk warna yang putih di tengah, caranya double klik di tengah-tengah persis, kemudian pilih warna putih. Klik OK.

4. buat teks dengan text tool, sesuaikan ukuran supaya teks berada di dalam objek kotak persegi panjang.

5. hilangkan warna fill (warna dalam) dengan cara klik tanda silang pada pallet warna yang berada di sebelah paling atas. Dan untuk warna luar (outline) berikan warna hitam legam dengan cara klik kanan pada warna hitam di palet (palet=kumpulan macam-macam warna yang letaknya di sebelah kanan).

6. nah, selanjutnya kita akan import objek metalnya atau objek yang menyerupai besi-nya. Klik menu file -> klik import.



7. pilih gambar metal dimana anda meletakannya. Jika sudah ketemu gambarnya, klik import kemudian klik di workspace (area kerja) coreldraw. Atur besar kecilnya supaya sesuai dengan objek kotak persegi panjangnya.

8. tempatkan objek metal tersebut persis di atas teks sehingga sekarang teks telah tertutup oleh objek bitmap metal tadi.

9. selanjutnya kita akan tempatkan objek metal antara kotak dan teks. Jadi posisinya diatas background dan dibawah teks ‘metal’ dengan cara seleksi objek metal, lalu tekan CTRL+PAGEDOWN. Beres!

10. langkah selanjutnya adalah seleksi teks dan objek metal, kemudian klik intersect. Hapus objek metal aslinya (yang berlebih).

11. untuk outline teks akan kita tebalkan dengan mengubah menjadi 16 point.

12. nah…. ini hasilnya toong, hee.

13. jika anda ingin mengubah warna gradasi dengan type yang lain, monggooo… misalnya linear diganti menjadi square, klik OK.

14. hasilnya seperti ini sodara-sodara. Walopun belum sempurna yang penting sampeyan paham, oke?! Hehe…

Itulah tutorial singkat tentang cara membuat tulisan dengan efek metal di corealdraw x4 (kebetulan saya versinya yang x4), semoga bermanfaat dan selamat berlatih! it's show time! :)

No comments:

Post a Comment

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.