Tutorial Dasar Blender Software Untuk Pemula


Tutorial Dasar Blender Software Untuk Pemula - Anda tau film animasi upin Ipin, Keluarga Somat, Boboi Boy, Adit Sopo Jarwo?? Film-film tersebut bisa anda buat sendiri dengan software blender tuh. Luar biasa bukan? Makanya silahkan belajar blender tuh supaya bisa buat film animasi sendiri. Kalo sudah “ngeh” mudah kok, asal ada niat dan kemauan aja… karena semua butuh proses. Yang dinamakan proses ya harus terus belajar, mengasah kemampuan dengan terus berlatih, hehehe.


Pertama kali saya mengenal blender dulu, saya aku mengalami sedikit kesulitan dan kebingungan tapi karena nekatnya saya dengan mencoba-coba dan klak klik sana sini belajar dari kesalahan akhirnya sekarang jadi demen banget yang namanya blender, hehe. Usut punya usut blender ini secara default, lebih banyak memakai klik kanan untuk menyeleksi objek. Makanya saya sempet bingung di awal. Tapi ternyata untuk menyeleksi objek dengan cara klik kiri bisa, hanya ngatur di user preference-nya saja, haha (file -> user preference).

Blender merupakan software grafis animasi 3D yang bersifat open source di bawah GNU General Public License alias free lisensi jadi kita tidak melanggar lisensi karena tidak komersil alias tidak berbayar. Fitur software blender ini luar biasa looh… ini nih yang dikatakan luar biasanya software blender karena dapat digunakan untuk:

1. modeling (pembuatan model objek 3 dimensi), anda bisa buat objek 3 dimensi seperti meja, kursi, lemari, rumah, gelas, teko, mug, karakter, manusia, daan sebagaiiinyaaa…)
2. texturing (pemberian tekstur objek), ini yaa contohnya memberikan tekstur motif batik pada objek yang sudah kita buat.
3. rigging (pembuatan dan pemberian tulang/ bone pada objek supaya dapat digerakkan atau dianimasikan),
4. animating (animasi model objek yang sudah dibuat),
5. rendering (mematengkan hasil objek baik yang sudah dianimasikan atau belum dalam bentuk gambar maupun animasi video),
6. video editing (pengolah video), dan
7. pembuatan games.
8. Dsb…. (masih banyak lainnya yang kepanjangan kalo saya sebut semuanya, hehe…)

Menarik bukan?? Lanjuuuut…

Untuk melanjutkan tutorial dasar ini, anda harus punya software blender terlebih dahulu tentunya. Silahkan download saja di situs resminya: www.blender.org gratis, tanpa bayar, tanpa lisensi, tanpa dosa, tanpa daftar, tanpa iklan. Pokoke muantepp tenan rekkk… kalo sudah didownload, install tuh software. Cara instalnya sangat mudah seperti software-software pada umumnya bahkan lebih mudah karena tidak perlu crack, tidak perlu serial number, tidak perlu patch :D anda tinggal klak klik aja next2, finish.

Nah, gambar berikut adalah tampilan blender ketika pertama kali dibuka.


Dan jika anda sudah mengklik sembarang, tampilan default nya seperti berikut (akan ada objek kubus yang sudah siap dari sananya (bawaan/ default). Nah, objek kubus itu mau dihapus mau tidak terserah tergantung penggunaan utawi objek apa yang akan dibuat oleh anda :


Jika ingin dihapus, tekan saja tombol X di keyboard anda. hilang deh… beres kan!

Ada banyak objek untuk modeling yang disediakan di blender. Anda bisa lihat dan dicermati dengan seksama di menu ADD – MESH. Atau pijit tombol SHIFT+A. silahkan buat objek sesuka anda mau buat lingkaran, bola, kubus/ kotak, monkey, dan lain-lain. bersambung ....