Youtube VS Blogger | Lebih Mudah & Asyik Yang Mana?

Youtube VS Blogger | Lebih Asyik Yang Mana? - sempat mikir lama untuk membuat postingan ini karena bingung dengan judul youtube vs blogger, lebih asyik mana? yang akan saya bahas atau saya tulis disini apa yah? hehe. setelah agak lama mikir, akhirnya saya memutuskan untuk nulis kelebihan dan kekurangan antara youtube dan blogger utamanya dalam hal teknis cara menghasilkan dollar.

pada postingan artikel ini, mungkin judul yang lebih tepat ialah kelebihan dan kekurangan youtube dan blogspot. untuk mengawali penjelasan tulisan ini, saya akan bahas tentang youtube terlebih dahulu berdasarkan pengamatan dan penilaian saya pribadi ditambah pengalaman yang belum mumpuni dalam hal youtube, hehe. yang pertama saya tulis tentang kelebihan menjadi youtuber atau penayang adsense lewat youtube.


1. jadi seorang youtuber itu tidak perlu mikirin SEO
2. jadi seorang youtuber itu tidak perlu cari backlink
3. di youtube, anda tidak perlu pusing-pusing memikirkan pendaftaran Adsense yang selalu ditolak.
4. Daftar di youtube sangat mudah dan hanya butuh waktu yang sedikit.
5. di youtube, anda tidak perlu pusing-pusing memikirkan hosting (penyimpanan file-file)
6. di youtube, anda tidak perlu pusing-pusing memikirkan domain (nama alamat situs)
7. jadi youtuber itu tanpa modal sama sekali (kalo anda tidak punya akses internet gratis, berarti modalnya internet aja. baik pake modem, di warnet, minjem temen/ tetangga, dll. hehe)
8. eh, ternyata jadi youtuber ada modalnya, tapi saya raya tidak masalah karena hampir semua orang punya alat yang bernama handphone utawi HP. anda cukup bermodal kamera handphone yg kita punya, boleh kamera HP China yang murah meriah, atau pinjem kamera HP temen/ tetangga, haha.
9. jadi seorang youtuber itu anda tidak perlu risau dan gundah gulana alias galau dengan algoritma mbah google yg selalu diupdate tanpa bilang-bilang utawi diam-diam
10. jadi seorang youtuber itu tidak perlu menulis karakter tulisan artikel yang panjang-panjang pada setiap postingan seperti sayai ini :D
11. di youtube, anda cuma butuh upload video sebanyak-banyaknya yang kira-kira bermanfaat dan berkualitas, tentunya tanpa melanggar kebijakan youtube.

nah, itulah kelebihan menjadi seorang youtuber. kalo masalah banyak sedikitnya dollar yang dihasilkan sih itu tergantung dari jumlah pengunjung atau yang melihat video yang diupload. untuk kelebihan sudah saya jelaskan, sekarang kekurangan youtube menurut saya pribadi (kalo anda mau menambahkan ya monggo).

kekurangan menjadi youtuber :

1. sangat sulit menemukan ide/ tema video apa yang akan di upload.
2. butuh proses dan perjuangan untuk membuat konten video yang berkualitas.
3. cenderung malas membuat video (ini pengalaman saya, saya baru buat video tutorial tentang komputer beberapa saja sudah lesu, hehe)

mungkin masih banyak lagi tentang kelebihan dan kekurangan youtube baik dalam hal menghasilkan dollar maupun dari segi asyik dan kemudahan yang ditawarkan dengan menjadi seorang youtuber. bagi seorang penayang iklan google adsense yang sudah ahli sih, mungkin tergantung yaah. ada yang bilang enak youtube, ada juga yang bilang enakan blogger. ya bagi saya tidak usah diambil pusing, yang penting judulnya berkarya untuk kemanfaat umat di dunia, haha.

sekarang akan saya tulis kelebihan menjadi blogger :

1. tempat atau sarana untuk meluangkan waktu, bisa curhat, menyampaikan ide dan gagasan, pemikiran tentang sesuatu hal.
2. menjadi hobi yang positif, karena tulisan-tulisan kita akan dilihat orang banyak bahkan sedunia.
3. sarana menghilangkan penat.
4. untuk menunggu waktu berbuka puasal (haha)
5. menjadi blogger itu sangat asyik karena bisa berinteraksi dengan orang-orang di internet seluruh indonesia bahkan seluruh dunia.
6. ladang pahala. dengan menuangkan ilmu-ilmu kita yang sifatnya tutorial, download gratis. itu mudah-mudahan menjadikan ladang kebaikan bagi seorang blogger. karena selain artikelnya bisa dikopas, juga bisa ditulis ulang dan bahkan diprint sehingga bermanfaat bagi yang membutuhkan tulisan/ artikel/ apa yang dibagi/ dishare di blog kita.
7. dapet penghasilan dari google adsense. kalo ini mungkin bonus yang didapat kalo kita benar-benar ingin serius berkecimpung di dunia blogger. yaitu dengan membuat artikel postingan-postingan yang fresh dan selalu uptode serta bermanfaat dan dicari banyak orang.

untuk kekurangan menjadi seorang blogger ya kebalikannya kelebihan dari youtuber. ya, itulah kelebihan dan kekurangan antara youtube dan blogspot alias blogger. semoga artikel yang saya tulis ini bisa membawa manfaat untuk anda sebagai bahan referensi yang bisa saya share dari pengalaman saya pribadi sejak menjadi blogger dan youtuber. kalo menjadi blogger, saya sejak tahun 2013 walaupun belum dapet dollar dari google adses. dan untuk menjadi youtuber, saya baru bergabung kemarin-kemarin dan baru 20an video yang saya upload, tapi hasilnya sudah ada angkanya walaupun belum ada apa-apanya.

No comments:

Post a Comment

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.