Kalender 2018 Lengkap Nasional, Hijriyah dan Jawa CDR File Vektor

assalamu'alaikum wr.wb. alhamdulillah bisa berbagi desain lagi... pada postingan kali ini saya akan share tentang Download Kalender 2018 Lengkap Hijriyah dan Jawa CDR File Vektor yang dapat anda download secara gratis.

Kalender 2018 Lengkap Nasional, Hijriyah dan Jawa CDR File Vektor
Kalender 2018 Lengkap Nasional, Hijriyah dan Jawa CDR File Vektor


walaupun tahun 2018 masih cukup jauh, yaitu sekitar kurang lebih 6 bulan lagi tetapi apa salahnya jika saya share lebih awal barangkali ada yang membutuhkan baik untuk kepentingan pribadi maupun untuk kepenting bisnis dan usaha percetakan.


sehingga jika sudah mendekati akhir tahun penghujung 2017 atau awal tahun baru 2018, anda sudah siap mencetak kalender 2018 yang biasanya digunakan untuk sekolah - sekolah mulai tingkat SD, SMP, SMA/ SMK, dan perguruan tinggai juga untuk kalender usaha / warung / toko / perusahaan.

Kalender 2018

Kalender 2018 ini dapat juga anda modifikasi sesuai kebutuhan dengan dipadukan desain yang menarik sesuai kreatifitas anda masing - masing menggunakan software coreldraw X7 ke atas.

nah, bagi anda yang membutuhkan kalender 2018. yang terdiri dari kalender nasional, masehi) hijriyah dan jawa silahkan klik pada link download dibawah ini.
format CDR :

pada kalender 2018 akan anda download itu sudah lengkap. yang merupakan kalender masehi hijriyah dan jawa dalam 1 template/ 1 format. untuk desain, silahkan anda juga bisa download pada postingan tentang kalender 2017 sebelumnya di blog ini juga.

sehingga anda tinggal memindah - mindahkan angka kalender 2018 -nya saja ke dalam template yang sudah jadi. simple dan membuat lebih cepat dalam pembuatan kalender. jadi anda gak udah repot - repot membuat angka - angka kalendernya lagi.

untuk template desain kalender 2018, anda dapat mengadopsi dari template coreldraw pada tahun sebelumnya. lihat disini : Desain Kalender 2017 CDR Vektor Terbaru

sekedar untuk pengetahuan bahwa pengertian kalender adalah sebuah sistem untuk memberi nama pada sebuah periode waktu (seperti hari sebagai contohnya). Nama-nama ini dikenal sebagai tanggal kalender.

Tanggal ini bisa didasarkan dari gerakan-gerakan benda angkasa seperti matahari dan bulan. Kalender juga dapat mengacu kepada alat yang mengilustrasikan sistem tersebut (sebagai contoh, sebuah kalender dinding).

Lalu, bagaimana Sistem Kalender dibuat?

Kalender yang digunakan secara umum ialah kalender solar, kalender lunar, kalender lunisolar, dan kalender persetujuan.

  • Kalender Lunar adalah kalender yang disesuaikan dengan pergerakan Bulan (fase bulan); contohnya ialah Hijriah.
  • Kalender Solar adalah kalender yang di dasarkan dari musim dan pergerakan Matahari. Contohnya ialah Kalender Persia, dan Kalender Romawi.
  • Kalender Lunisolar adalah kalender yang disesuaikan dengan pergerakan bulan dan matahari, seperti Kalender Bali, Kalender Yahudi, dan Kalender Tionghoa sebagai contohnya.
  • Kalender Persetujuan adalah Kalender yang tidak disesuaikan dengan Bulan dan Matahari, contohnya adalah hari dan minggu Julian yang digunakan oleh pakar bintang.

Ada juga kalender yang tampaknya disesuaikan dengan pergerakan Venus, seperti beberapa Kalender Mesir Kuno. Kalender ini juga tampaknya sering dipakai di peradaban dekat khatulistiwa.

apa itu Kalender Solar ??

Kalender yang menggunakan musim dan Revolusi Bumi mengitari Matahari disebut Kalender Solar. Kalender Solar dipakai oleh bangsa Romawi dan sistem perhitungannya digunakan dalam Kalender Julian.

Hari yang digunakan oleh Kalender Solar

Hari yang digunakan oleh Kalender Solar ada 7, yaitu :

1. Ahad
2. Senin
3. Selasa
4. Rabu
5. Kamis
6. Jum'at
7. Sabtu

karena menggunakan sistem kalender solar, maka bulan yang ada pada kalender 2018 adalah bulan januari, februari, maret, april, mei, juni, juli, agustus, september, oktober, november, dan desember 2018.

dalam kalender 2018 ini sudah termasuk juga hari libur dan tanggal merah berdasarkan negara indonesia pastinya, hehe... karena kalender 2018 yang saya bagikan ini formatnya vektor atau filetype: CDR jadi anda dapat mengekspor ke dalam format file lain seperti JPG dan PNG.

download juga contoh desain yang lain seperti undangan, template kartu nama, spanduk, umbul - umbul maupun produk lainnya yang dapat didownload gratis secara cuma - cuma serta dapat dimodifikasi sesuai keperluan.


itulah postingan tentang Template Kalender 2018 terbaru dengan format vektor atau CDR yang file mentahnya saya share dan dapat diedit - edit sesuai keinginan anda yang semoga bermanfaat baik untuk anda sendiri maupun untuk usaha percetakan dan bisnis cetak kalender 2018.

silahkan share / bagikan ke teman - teman anda, mudah - mudahan dengan membagikan desain kalender 2018 ini bisa lebih bermanfaat untuk orang banyak dan mendapatkan barokah. Aamiin YRA.

No comments:

Post a Comment

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.