Ms. Office Word 2007 & 2010 : Cara mudah membuat nomor halaman berbeda pada sebuah dokumen secara otomatis


Cara membuat nomor halaman berbeda pada sebuah dokumen secara otomatis Ms.Office Word 2007 & 2010 - Pada umumnya orang memberi penomoran halaman dengan membuat daftar file-file yang terpisah-pisah. Misalnya halaman sampul tersendiri, latar belakang file tersendiri, bab 1 sampai bab terakhir juga file tersendiri.

Pada saat membuat daftar isi pun akhirnya kesusahan karena harus mencetak semua dokumen-dokumen terlebih dahulu secara manual lalu baru dibuatlah daftar isinya. Pada halaman Kata pengantar, daftar isi, daftar istilah dsb biasanya menggunakan penomoran halaman angka romawi seperti i,ii, iii, iv dst. menjadi satu file. Kemudian membuat file lagi untuk bagian isi dan menomorinya dengan penomoran halaman 1, 2, 3 terpisah dari file yang pertama. Padahal pada Microsoft Office Word sudah menyediakan fasilitas untuk penomoran halaman secara otomatis, pembuatan daftar isi secara otomatis, termasuk membuat letak dan jenis nomor halaman pertama yang berbeda pada setiap bab nya.

Berikut cara mudah membuat penomoran halaman pada Microsoft office word secara otomatis dalam satu dokumen. Disini saya contohkan ada 4 halaman dengan pemberian nomor halaman sbb : halaman 1 dan 2 menggunakan nomor i,ii, dst. Halaman 3 dan 4 menggunakan nomor 1,2, dst.

- Langkah awal kita buat nomor halaman i,ii terlebih dahulu.
1. Klik Menu Insert – Page Number – Format Page Numbers.
2. Pilih Number Format (pilih angka romawi kecil) – OK.

3. Klik Menu Insert – Page Number – Bottom Of Page. Lihat hasilnya, semua halaman memilik penomoran romawi semua.


- Sekarang kita akan mengubah pada halaman ke 3 dengan format penomoran angka 1,2, dst.
1. Letakkan kursor pada akhir paragraph halaman. Yang mana pada halaman berikutnya akan diganti dengan penomoran yang berbeda yaitu dari jenis i,ii, dst berubah menjadi 1,2, dst.
2. Klik menu Page Layout – Breaks – Next Page.

3. Klik Menu Insert – Page Number – Format Page Numbers. Pilih Number Format (pilih angka 1,2,3) – Klik Star At (isikan angka 1) – OK.

Hasilnya nanti seperti pada gambar berikut.

Sekarang anda tidak perlu repot-repot lagi membuat penomoran halaman dalam file terpisah. Apalagi bagi anda yang sedang membuat makalah, laporan tugas akhir, skripsi, buku, novel, dll. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.