Tutorial Cara Membuat Animasi Bendera Berkibar di Blender Pemula


Bendera with Blender 2.72
Tutorial Cara Membuat Animasi Bendera Berkibar di Blender Pemula - Bissmillahirrahmannirrahim, ini adalah tulisan kedua saya tentang blender. Pada kesempatan ini saya akan berikan tutorial langkah-langkah bagaimana cara membuat animasi bendera merah putih berkibar beserta tiang benderanya dengan menggunakan software blender 2.72.
Silahkan ikuti langkah-langkah yang saya tulis secara bertahap (step by step) per klik tutorial cara membuat bendera berkibar ini sehingga dapat dipahami dengan mudah oleh pemula sekalipun (yang penting tlaten dan punya semangat juang yang tinggi, hehe).
1. Buka software blender (Jika belum punya download di situs www.blender.org). Maka akan tampil seperti gambar berikut.

2. Untuk memulai, klik sembarang di area kerja. Maka aka ada objek default berupa kubus.

3. Tekan tombol X di keyboard, lalu klik DELETE untuk menghapus kubus tersebut.

4. Sekarang area kerja sudah kosong. Selanjutnya klik Create –> Plane. Atau dengan shortcut tombol di keyboard tekan SHIFT+A, kemudian pilih PLANE. Maka akan terbuat objek Plane seperti pada gambar berikut.
Create - Plane (Cara 1)
SHIFT+A - Mesh - Plane (Cara 2)

5. Tekan tombol S di keyboard. Geser mouse ke kanan untuk memperbesar ukuran PLANE.

6. Tekan tombol S+Y di keyboard lagi. Geser mouse ke kanan untuk memperpanjang PLANE pada sumbu Y. Sehingga objek menjadi persegi panjang seperti gambar berikut.

7. Klik menu VIEW kemudian pilih TOP. Atau dengan menekan tombol shortcut Numpad angka 7 di keyboard. Sehingga akan tampil view dari atas seperti pada gambar berikut.

8. Tekan tombol R+Z+90 untuk merotasi objek pada sumbu Z sebesar 90o. akhiri dengan klik kiri, sehingga posisi objek seperti pada gambar berikut.

9.  Tekan tombol R+X+90 untuk merotasi objek pada sumbu X sebesar 90o. akhiri dengan klik kiri, sehingga posisi objek seperti pada gambar berikut.

10. Klik EDIT MODE untuk memulai modifikasi objek. Atau tekan tombol TAB di keyboard.

11. Tekan tombol CTRL+R di keyboard untuk membagi segmen pada objek. Lalu arahkan mouse ke sisi atas/ sisi panjang objek sehingga muncul garis warna pink vertikal. Kemudian scroll pada mouse untuk memperbanyak segmen/ garis sesuai keinginan seperti pada gambar. Akhiri dengan double klik kiri.
Menambah segmen vertikal pada material objek (shorcut : CTRL + R, klik sisi atas atau bawah)
 12. Untuk membuat segmen horizontal, lakukan hal yang sama seperti pada langkah nomor 11 sehingga akan seperti pada gambar berikut.
Menambah segmen horisontal pada material objek (shorcut : CTRL + R, klik sisi kanan atau kiri)
 13. Klik tool FACE yang ada dibawah. Atau tekan CTRL+TAB di keyboard, klik FACE. Tekan tombol A untuk unselect sehingga warna orange pada objek akan hilang. Dan tampilanya seperti berikut.
Mode Face pada blender (CTRL+TAB)
 14. Tekan tombol B di keyboard, seleksi face atas untuk diberi warna merah.
a. Proses Seleksi Face
b. Hasil Seleksi Face
15. Klik MATERIAL pada panel sebelah kanan, Klik NEW. Pada DIFFUSE diklik, lalu pilih warna merah. Akhiri dengan mengklik ASIGN. Sehingga seluruh permukaan objek berwarna merah.
a. Proses Pewarnaan pada material objek 1
b. Hasil Pewarnaan pada material objek 2
16. Tekan tombol B di keyboar, kita seleksi bagian bawah untuk warna putih.
Proses pemberian warna putih pada objek material kain bendera di blender with diffuse
 17. Klik tanda + pada MATERIAL untuk menambah material baru. Kemudian pilih warna putih, klik ASIGN.
a. Pemberian warna putih pada material objek di blender
b. Hasil Pemberian warna putih pada material objek di blender
18. Sekarang kita akan ikat bendera dengan 3 titik di sebelah kiri objek supaya pada saat diberi animasi berkibar, bendera tidak berpindah tempat. Klik mode VERTEX (atau tekan tombol CTRL+TAB, pilih vertex) kemudian seleksi dua sudut bagian kiri bendera ditambah satu titik di tengah. Caranya dengan menekan tombol SHIFT di keyboard, tahan. Lalu klik kanan pada 3 titik tersebut sehingga berwarna orange.
Mode Vertex untuk 3 titik point
 19.   Klik OBJECT DATA di panel sebelah kanan. Kemudian klik tanda +, ubah nama grup dengan doble klik kemudian ketik ‘ikat’, lalu supaya ketiga titik itu menjadi grup klik ASIGN.
a. Penambahan titik vertex sebanyak 3 titik yang akan di grup menjadi satu
b. Penggabungan 3 titik yang dijadikan satu Grup dengan nama 'ikat'

20. Agar teksture bendera terlihat halus seperti kain, kita ganti dulu dari EDIT MODE ke OBJECT MODE. Kemudian klik OBJECT MODIFIER, lalu pilih SUBDIVISION SURFACE. Untuk lebih halus lagi, pada SMOOTH isikan angka 2 lalu tekan ENTER.
a. Penggunaan Objek Modifier 'Subdivision Surface'
b. Tahap Penghalusan Material Kain Dengan SMOOTH
21. Klik physic pada panel sebelah kanan. Kemudian centang pada pinning, lalu klik bawahnya pilih ‘ikat’. Terakhir, beri tanda centang pada collision. finish!
Bendera yang sudah siap dikibarkan (dianimasikan dengan wind/ angin)

Download Video Tutorial Blender Membuat Bendera Berkibar

Itulah bagaimana tutorial cara membuat objek material bendera merah putih di blender, saya cukupkan dulu sampai disini. Semoga bermanfaat, pada postingan selanjutnya kita akan berikan tiang dan efek wind atau angin supaya bendera dapat berkibar tertiup mengikuti arah dan kekuatan angin, klik disini untuk tutorial animasinya. Selamat mempraktekkan, jika masih bingung silahkan tanyakan, mudah-mudahan saya bisa menjawabnya. Insya Allah next akan saya sajikan dalam bentuk video tutorial via youtube. salam blender!