Tutorial Cara Membuat Meja 3D di Blender

Tutorial Cara Membuat Meja 3D di Blender - Alhamdulillahirabbil'alamiin, di sela-sela kesibukan saya mengajar, berwirausaha dan membimbing kursus yang sangat padat dan luar biasa ini demi sesuap nasi (sok' banget yah gue, eh pake gua gue lagi, hehehe), akhirnya saya bisa membuat tutorial bagaimana cara mudah membuat meja 3 dimensi di aplikasi blender.

baiklah langsung saja kita mulai tutorial bagaimana cara membuat meja 3D di software blender dengan mudah step by step untuk yang baru kenal software 3 dimensi blender saingannya 3Ds Max. oke, cekidot! berikut adalah langkah-langkahnya :

1. buka software blender. klik sembarang, maka ada objek default berupa KUBUS (cube).

2. langsung arahkan mouse pada objek kubus tersebut. tekan S, Z untuk menipiskan meja.

3. tekan S, Y untuk memanjangkan meja pada sumbu Y.

4. kemudian klik VIEW, pilih BOTTOM untuk tampilan bawah meja. karena kita nanti akan membuat kaki meja. jadi pastikan posisi tampilan/ view nya dari bawah.

5. ubah mode, dari objek mode ke EDIT MODE (shorcut: tekan tombol TAB di keyboard)

6. tekan CTRL+R di keyboard untuk membuat garis/ membagi segmen baru pada permukaan meja bawah.

7. buat segmen lagi sebanyak 3 segmen pada sisi-sisi yang lain dengan cara yang sama seperti langkah nomor 6.

8. lanjut, kita akan ubah modenya ke mode FACE. caranya tekan CTRL+TAB, pilih FACE. atau cara lain dengan mengklik FACE yang ada dibawah.

9. seleksi segmen pojok/ sudut pada meja tersebut dengan cara klik kanan mouse, kemudian tekan tombol SHIFT di keyboard, tahan dan klik pada segmen pojok-pojok yang lain.

10. oke, lanjutkan kita klik lagi pada view, pilih LEFT untuk tampilan dari sisi sebelah kiri.

11. kita ekstrude dengan menekan tombol E di keyboard, kemudian geser mouse ke bawah.

12. kembalikan ke mode OBJECT MODE, kemudian pilih MATERIAL dan beri warna sesuka hati. finish!


sederhana bukan? begitulah langkah-langkah cara membuat objek meja 3 dimensi (3D) di aplikasi BLENDER. baik, untuk memperjelas tutorial yang saya buat di atas barangkali anda masih bingung, saya juga punya tutorial versi video nya yang saya upload id youtube. silahkan bisa anda download di youttube pada link berikut ini : https://youtu.be/7OlMbeepXRg dan file meja mentahnya juga saya upload disini : https://drive.google.com/file/d/0B1ecHQKB_4pzanJpWlZZTlhhSWc/view?usp=sharing untuk latihan atau utak-atik.

ya! itulah tutorial singkat bagaimana cara mudha membuat meja 3d di blender 2.72 atau istilahnya modeling object atau apalah. selamat mencoba, semoga bermanfaat. it's show time!

No comments:

Post a Comment

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.