Tutorial Cara Membuat Kursi 3D di Blender Part 1

Tutorial Cara Membuat Kursi 3D di Blender - apa kabar semuanya? semoga anda dalam keadaan sehat, sukses dan bahagia selalu. alhamdulillah akhirnya saya bisa memposting tulisan tutorial lagi di blog sederhana ini, yaitu tutorial bagaimana cara membuat (modeling) kursi 3 dimensi di software blender.

pada tutorial pembuatan model kursi ini sangat panjang sehingga saya bagi dua, part 1 dan part 2. oke, langsung saja silahkan anda simak tutorialnya step by step dibawah ini.

1. Bukalah aplikasi Blender 3D. Bbjek kubus (cube) tidak usah didelete karena akan kita pake.
2. Ubah viewport menjadi FrontOrthodengan memilih User->UserPreference->Input kemudian centang Emulate Numpad->SaveAs Default Lalu (tekan 1 = View Front dan tekan 5 = View Orthogonal). 
3. Melakukan Splitting. Arahkan cursor mouse pada sudut windows seperti yang ditunjukkan pada tanda lingkaran merah, Kemudian klik kiripada mouse, tahan dan geser ke arah kiri viewport hingga menjadi dua.
4. Ubahlah viewport sebelah kanan menjadi Right Ortho dengan menekan 3 (View Right).

5. Tekan A untuk menghilangkan seleksi pada objek.

6. Untuk mengedit objek menjadi sebuah kursi, ubahlah mode pilihan Object Mode - Edit Mode.

7. Buatlah bagian dudukan sebuah kursi dengan mengecilkan objek mengikuti sumbu Z dengan menekan S (Scale) lalu tekan Z (Sumbu Z).

8. Ubahlah salah satu viewport menjadi view Top Ortho dengan menekan angka 7 (View Top) pada keyboard.

9. Geser cursor mouse ke sisi objek, kemudian tambahkan garis baru dengan menekan CTRL+R, akan muncul garis baru berwarna ungu seperti gambar di bawah ini.

10. Geser garis berwana ungu tersebut ke sisi objek seperti gambar di bawah.

11. Lakukan penambahan garis baru lagi dengan menekan CTRL+R, geser garis baru tersebut hingga seperti gambar di bawah ini.

No comments:

Post a Comment

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.