Membuat Karakter Manusia di Blender Dengan MakeHuman Sangat Mudah Cukup 1 Menit

Membuat Karakter Manusia di Blender Dengan MakeHuman Sangat Mudah Cukup 1 Menit - ada kabar gembira bagi anda yang menyukai bidang animasi 3 dimensi terutama yang berkecimpung menggeluti software blender untuk modeling, rigging, animating serta rendering. pada postingan saya kali ini, akan saya tulis tentang bagaimana cara cepat membuat karakter manusia dengan sangat mudah menggunakan software makehuman. dengan software makehuman, pembuatan modeling manusia yang real atau nyata bisa anda kerjakan hanya butuh beberapa menit saja.

screenshoot tampilan makehuman
baca juga ini : Tutorial Dasar Blender Software Untuk Pemula
 
sebelum kita mempraktekkan, akan saya jelaskan dulu apa itu software makehuman dan bagaimana cara mendapatkannya atau cara mendownload makehuman tersebut? bagi anda yang sudah ahli membuat karakter dengan blender mungkin untuk membuat satu objek manusia bisa dibilang sangat mudah. tapi tunggu dulu, dari pengalaman saya download di youtube tentang tutorial membuat krakter manusia oleh alimayo itu saja bisa menghabiskan waktu sampai 2 jam prosesnya, apalagi yang masih awam yah, hehe. nah, dengan software make human ini orang awam sekalipun dapat membuat objek manusia dengan sangat real/ nyata hanya dalam waktu beberapa menit saja.
makehuman ini adalah software open source yang free lisence untuk membuat objek 3d dengan real atau nyata. luar biasa kan? jadi anda tidak perlu pusing-pusing yang namanya istilah ekstrude, mirror, hehe. walaupun itu semua untuk dasar pembelajaran. software makehuman ini bisa anda download gratis di situs resminya yaitu http://www.makehuman.org/ kemudian untuk mendownload software makehuman ini, silahkan anda klik kata DOWNLOAD. kemudian anda akan diarahkan halaman dimana kita akan mendownload software makehuman sesuai dengan sistem operasi yang kita gunakan. ada opsi atau pilihan windows, linux, suses, dsb. untuk lebih jelasnya simak penjelasan berikut.

1. anda klik http://www.makehuman.org/ kemudian klik donwload makehuman.

2. anda akan diarahkan ke halaman download selanjutnya. klik 'download makehuman'

3. selanjutnya anda pilih sistem opersi yang anda gunakan, jika anda menggunakan sistem operasi windows, silahkan klik 'makehuman-1.0.2.win32.zip' (yang dilingkari) pada keterangan dibawahnya installation on windows.
4. setelah anda sudah selesai mendownload software mekehuman, silahkan tanpa diinstall bisa anda buka. kemudian sudah ada karakter manusia secara default, anda bisa ubah jenis kelamin, usia, tinggi, lebar, proporsional, rambut, dan juga pakaian dserta tulang.

5. ini contoh yang sudah jadi, dari hasil latihan saya. anda bisa berkreasi sendiri sesuai selera anda. selamat bereksperimen!

6. setelah karakter yang anda buat sudah jadi, anda tinggal klik eksport. kemudian pilih ekstensi *.mhx (blender) supaya bisa dieksport di software blender nantinya. terus bisa juga anda beri centang pada eksport for regify. beri nama file tersebut, lalu klik eksport.

selesai.. sangat mudah bukan?? hehe.. sehingga kita dapat membuat karakter manusia secara real dan nyata tanpa suatu keahlian khusus yang rumit ketika di blender. walaupun kalo mau dianimasikan ya harus butuh perjuangan lagi di software blender yah. untuk bahan latihan, anda bisa download file project dengan ekstensi filetype: *.mhx biar bisa diedit di blender 3d DOWNLOAD disini.

nah, itulah bagaimana cara download makehuman for blender juga sekaligus cara membuat orang dengan makehuman dengan cepat dan mudah, semoga bisa dipahami. setelah anda sudah membuat karakter manusia secara real di makehuman dan sudah dieksport juga dalam format atau ekstensi .mhx yang nantinya dapat anda import dan edit serta modifikasi lagi di software blender. untuk cara mengimport karakter yang sudah dibuat di makehuman ke blender tadi silahkan baca postingan selanjutnya. nah, bagi anda yang lebih suka membuat karakter langsung diblender seara manual, silahkan baca tutorial ini : Tutorial Cara Membuat Karakter Sederhana di Blender.

No comments:

Post a Comment

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.