Tutorial Cara Membuat Karakter Sederhana di Blender

Tutorial Cara Membuat Karakter Sederhana di Blender - assalamu'alaikum wr.wb. apa kabarnya? semoga anda dan keluarga tetap dalam lindungan Allah SWT. alhamdulillah hari ini saya dapat menulis di blog ini lagi, setelah usai menunaikan tugas sebagai pengawas try out SMK AL-IRSYAD TEGAL. pada kesempatan yang baik ini, saya akan menuliskan tentang tutorial bagaimana membuat (modeling) objek karakter sederhana di blender 2.72 dengan teknik mirror.

pada tutorial ini, saya menggunakan blender versi 2.72, tetapi insya Allah anda dapat mempraktekkannya di blender versi dibawahnya maupun di atasnya. dalam pembuatan karakter sederhana ini, saya gunakan teknik objek modifier mirror untuk pencerminan dan untuk menghaluskan tekstur saya gunakan objek modifier subdivision surface.

oke, kita mulai saja tutorial cara membuat karakter sederhana di blender ini. silahkan ikuti langkah-langkah yang saya berikan sesuai gambar secara bertahap (step by step) mudah-mudahan dapat dipahami oleh anda.

1. buka aplikasi blender anda. akan ada objek default dari blender, tidak usah kita hapus karena akan dipake sebagai dasar pembuatan objek karakter yang akan kita buat.

2. klik view -> pilih front.
 
3. ubah mode objek ke edit mode.

4. dekatkan mouse pada objek. tekan CTRL+R di keyboard akan muncul garis pink/ ungu, kemudian double klik persis di tengah objek.

5. masuk ke mode face, tekan CTRL+TAB. pilih face.

6. seleksi face-face yang akan kita hapus yaitu face-face yang berada di sebelah kiri dengan mengklik kanan. kemudian tekan tombol X di keyboard, pilih face. maka face yang terpilih akan terhapus.

7. klik modifier -> add modifier -> mirror.

8. centang sumbu x (1). klik clipping (2). klik gruping (3). otomatis, hasil pencerminan pada sumbu X akan menyesuaikan sesuai pencerminan pada objek yang dicerminkan.

9. lakukan loopcut (yaitu membagi segmen. ditandai dengan garis pink/ ungu). bagi segmen sesuai bagian yang akan kita ekstrude. misal: bagian untuk leher dan kepala, tangan, dan kaki.

10. klik scrool moude, pencet tahan, geser dan hadapkan ke view mata kita kemudian klik kanan. jangan lupa, sebelumnya, aktifkan mode face.

11. klik view -> pilih front. atau dengan tombol shortcut tekan 1 di keyboard.

12. tekan tombol E, geser mouse ke atas untuk leher (1). tekan E lagi untuk mengekstrude bagian kepala (2).

13. klik view -> pilih right. klik kanan pada samping leher untuk diekstrude supaya kepalanya bisa kita besarkan.

14. lakukan ekstrude ke samping. tekan E geser ke kanan. nah, lakukan juga untuk bagian-bagian lain seperti untuk tangan. caranya sama, beri segmen (ctrl+r) kemudian klik kanan, lalu tekan E untuk ekstrude.

15. klik kanan pada bawah badan untuk ekstrude bagian kaki.

16. tekan tombol 1 untuk view depan (front). lakukan ekstrude kaki. yaitu lutut dulu, kemudian sampai bawah seperti pada gambar.

17. kli modifier -> add modifier -> subdivision surface. (subdivision surface adalah modifier yang berfungsi untuk menghaluskan objek)

18. selanjutnya kita ubah edit mode ke object mode.

19. klik tool -> pilih smooth. beri angka 2 pada view yang berada di sebelah kanan bawah. semakin angkanya besar maka objek akan semakin halus.

20. klik material -> klik tanda plus (new material) -> klik warna pada diffuse. pilih warna yang diinginkan. klik asign jika diperlukan atau tidak otomatis.

21. nah, anda bisa memodifikasi warna yang berbeda pada satu objek. caranya anda ke edit mode lagi, kemudian seleksi bagian mana yang akan diberikan warna yang berbeda. klik tanda plus (new aterial) pilih warna lain. selamat berjuang! hehe.

22. untuk memberikan bagian-bagian segmen lain seperti MATA. anda lakukan loopcut (buat segmen baru di kepala) kemudian untuk pewarnaan silahkan lakukan sama seperti pada langkah ke 21). hasilnya akan seperti pada gambar. it's show time!


alhamdulillah setelah berjuang membuat screenshoot gambar dari tutorial ini, rampung juga yah..hehe. itulah tutorial modeling manusia atau orang atau karakter di blender (terserah anda lah namanya hehe). semoga dapat dipahami dengan mudah tanpa suatu hambatan apapun. nah, setelah anda berhasil membuat karakter simple seperti yang ada pada tutorial ini, anda bisa lanjutkan untuk gerakan animasi orangnya/ karakternya, mau berjalan atau berlari atau joget dan sebagainya sesuai gerakan yang diinginkan.

untuk totorial selanjutnya, insya Allah akan saya tuliskan tutorial meng-animasikan (membuat gerakan) karakter tersebut dan disambung tutorial bagaimana cara membuat karakter yang bagus, yang lebih real serta cara membuat robot di blender. jika anda menginginkan file project karakter tersebut yang mentahnya, anda dapat men-DOWNLOAD-nya DISINI. oke, sampai jumpa di postigan selanjutnya, selamat belajar dan berjuang! it's how time!!

No comments:

Post a Comment

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.