Cara Mudah Animasi dan Rendering Karakter di Blender

Cara Mudah Animasi dan Rendering Karakter di Blender - assalamu'alaikum wr.wb. berjumpa lagi dengan saya pada tulisan di blog un2kmoe. alhamdulillah bisa membuat postingan yang kedua di hari kamis sekaligus postingan yang ketiga di bulan april 2015. kali ini saya akan membahas bagaimana cara menggerakkan (animasi) serta mematengkan objek dari modeling dan komponen lain supaya menjadi satu scene (rendering) di blender 3D software.

pada tutorial ini, saya fokuskan pembuatan animasi dan rendering karakter yang sudah sepaket termasuk tulangnya (bone), jadi tidak ada modeling dan tidak ada juga rigging. untuk bahan sudah saya siapkan, anda bisa download untuk FILE MENTAH ORIGINAL filetype: blend klik disini untuk download karakter+bone. langsung saja kita akan mulai, terlebih dahulu buka file yang sudah anda download tadi. dilanjutkan langkah-langkahnya sebagai berikut.

1. klik kanan objek karakter (1). tekan shift tahan, kemudian klik kanan tulang/ bone (2). kemdian tekan tombol kombinasi (shorcut) CTRL+P, lalu pilih with automatic weight (3).

2. selanjutnya, anda ubah mode pose. klik kanan (seleksi) salah satu tulang kemudian coba tekan R di keyboar, geser mouse. jika tulang dan objek menyatu dan bisa digerakkan maka proses penggabungan berhasil.

3. kita ubah tampilannya ke animation.
 
4. buat keyframe untuk semua tulang yang akan digerakkan. caranya klik kanan pada tulang, tekan tombol i, kemudian pilih locrot. lakukan hal serupa untuk keseluruhan tulang yang mau dianimasikan.

5. kemudian ubah jarak (misal: 10), dilanjutkan dengan menggerakkan objek. akhiri dengan locrot lagi. caranya tekan i di keyboard, pilih rocrot.

6. anda bisa mencoba gerakan animasinya dengan cara klik play. pada point ini kita akan merender animasi yang sudah dibuat untuk dijadikan file video avi.

7. klik tab render -> pilih preset pal 3:4 saja. kemudian pilih tempat dimana kita akan menyimpan hasil render. pilih format video (misal: avi). kemudian klik menu render -> pilih render animation. tunggu sampai proses rendering selesai. mudah bukan?

itulah tutorial cara menganimasikan (meggerakkan objek karakter dengan mudah dan sederhana). kalo ini fila projet hasil latihan saya yang ditutorialkan pada postingan ini, semoga berkenan silahkan download karakter+rigging filetype blend. anda juga bisa download file video hasil rendering disini. sampai jumpa di postingan selanjutnya, semoga bermanfaat. selamat berkarya! salam blender indonesia!

No comments:

Post a Comment

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.