Kandungan zat dan khasiat daun seledri (apium graveolens l.)

Kandungan zat dan khasiat daun seledri (apium graveolens l.) - Daun seledri (apium graveolens l.) memiliki tinggi batang kurang lebih 30 cm. batang tanaman seledri adalah batang semu dan lunak sekali. Daunnya kecil-kecil kurang lebih berukuran 5 cm kali 3 cm. dan baik batang maupun daunnya memiliki aroma sedap sekali.
 
Anda dapat menanam daun seledri di kebun anda sendiri sebagai apotek hidup yang dapat dipergunakan sewaktu-waktu jika dibutuhkan. Jika tidak ingin repot, anda juga dapat membelinya di pasar tradisional ataupun di supermarket terdekat dimana anda tinggal. Tetapi alangkah baiknya adalah di pasar tradisional dan lebih baik lagi dari hasil menanam sendiri di kebun maupun dilingkungan rumah anda.

Daun seledri (apium graveolens l.) memiliki khasiat antara lain :

1. Daun seledri dapat berkhasiat mengobati tekanan darah tinggi. Caranya yaitu daun seledri ditumbuk halul, kemudian dicampur dengan air, masak sampai dingin dan disaring airnya kemudian diminum.
2. Daun seledri dapat digunakan berkhasiat untuk menetralisir kelenjar minyak pada wajah.

Kandungan zat daun seledri (apium graveolens l.) antara lain daun seledri (apium graveolens l.) mengandung minyak atsiri (alinin dan alisin), flavonoit, protein, vitamin A, vitamin B, Vitamin C, besi, kalsium (zat kapur), belerang dan fosfor.


Semoga bermanfaat bagi membutuhkan artikel tentang pengobatan herbal dan khasiat serta kandungan daun-daunan khususnya daun seledri (apium graveolens l).

No comments:

Post a Comment

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.