bagaimana cara memberikan efek mirror atau pencerminan objek di software blender 3d

bagaimana cara memberikan efek mirror atau pencerminan objek di software blender 3d - melanjutkan postingan sebelumnya tentang cara menghaluskan objek di blender, kali ini masih postingan dengan tema blender yaitu cara mencerminkan objek supaya lebih mudah dalam modeling animasi di blender dengan cepat dan praktis.

sebelum belajar yang lain-lain, alangkah baiknya anda membaca tentang postingan saya sebelumnya yang membahas pengenalan software blender dan teknik-teknik untuk pemula saya tuliskan tutorial dasar blender, silahkan klik disini. inti dari modifier mirror adalah membuat kembaran dari objek yang kita buat sama persis sehingga akan menghasilkan objek yang bersebelahan sama sesuai pencerminan sumbu yang kita harapkan.

pada postingan tutorial sederhana kali ini pun masih sangat mudah dipraktekkan karena hanya 3-5 langkah klik saja untuk menduplikat secara berlawanan. dalam kata lain, kita akan membuat pencerminan dari objek yang kita buat sebelumnya. dalam kata lain lagi, kita akan buat bayangan yang sama persis dengan teknik modifier mirror objek.


baik, langsung saja kita bahas bagaimana cara memberikan efek mirror atau pencerminan terhadap suatu objek di software blender 3d dengan teknik dan langkah yang sangat mudah. monggo disimak dengan seksama cara-caranya seperti berikut.

1. buka software blender, disini kita akan belajar mencerminkan objek uv shaphire atau bola. sehingga objek kubus default akan kita hapus saja. tekan tombol x di keyboard lalu pilih delete.

2. klik pada menu add -> mesh -> uv sphere. beres! langsung jadi deh objek bola nya, hehe.

3. kita beralih ke edit mode untuk memodifikasi objek.

4. pilih tampilan front. pilih menu view -> front. atau tekan tombol numpad 1 di keyboard. tapi jangan lupa untuk penggunaan numpad (vie shorcut) anda harus mensettingnya di file -> user preference. untuk settingannya baca ini: Bagaimana Cara Mengaktifkan Tombol Numpad Shorcut View Atau Tampilan di Blender 3D.

5. selanutnya kita ubah tampilan solid ke tampilan kerangka atau wirefime. pilih wireframe.

6. kemudian kita seleksi dengan menekan tombol 'B' di keyboard dan lakukan seleksi dengan cara klik kiri tahan (mendrag mouse) sesuai bagian mana yang akan kita pilih dan selanjutkan akan kita hapus.

7. ini adalah tahap penghapusan sebagian objek yang tadi sudah diseleksi dengan tombol b. jadi, separoh dari objek bola tersebut akan kita hapus. pastikan sebagian bola sudah diseleksi -> tekan tombol x di keyboard -> untuk menghapus pilih faces. beres!

8. lanjut?? sebelum kita lakukan pencerminan atau mirror, pastikan tampilan kembalikan pada tampilan SOLID (1). kemudian kita klik pada objek modifier (2) -> pilih mirror (3).

9. nah, centang atau checklis pada clipping dan klik pada grupping. seketika itu juga pencerminan sudah berhasil dilakukan. yaitu ada 2 objek yang satu objek asli yang satunya objek bayangan hasil daripada modifier miror (pencerminan).
selesai, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.