cara render di blender supaya sesuai dengan standar broadcast tv indonesia

cara render di blender supaya sesuai dengan standar broadcast tv indonesia - alhamdulillah bisa nggedabrus lagi untuk nulis di blog un2kmoe yang kutukupret ini walaupun artikel ataupun postingannya sederhana tetapi mudah-mudahan dapat dipahami dan bermanfaat untuk anda.


trik ini sebenarnya sangat sederhana untuk anda ketahui bahwa dalam dunia pertelevisian, video hasil rendering dari animasi 3d yang anda buat bisa dimainkan di televisi. nah, untuk bisa di play di tv pada saat merender perlu diperhatikan pengaturan atau settingannya yaitu untuk standar televisi indonesia itu PAL. dan untuk ekstensinya anda bisa mengatur dengan format AVI RAW atau MPEG.

untuk langkah-langkahnya monggo disimak sbb:

1. klik pada panel kanan, yaitu pada icon RENDER yang bergambar seperti kamera.

2. pilih jenis preset TV PAL 4:3. pastikan untuk framenya 24 frame per detik.

3. scrool ke bawah lagi. ubah ekstensi atau format video outputnya menjadi AVI RAW. kalo mau format yang lain ya monggooo. jika anda ingin tahu cara pembuatan karakter dari nol untuk pemula silahkan buka postingan ini Tutorial Cara Membuat Karakter Sederhana di Blender

4. terakhir, klik animation. kemudian anda tinggal menunggu hasil render animasinya di folder yang sudah anda tentukan. okey?? beresss.

demikian trik blender cara render di blender supaya sesuai dengan standar broadcast tv indonesia semoga bisa dipahami dan bermanfaat bagi yang membutuhkan. salam blender!

No comments:

Post a Comment

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.