Cara membuat formulir gratis online di google drive untuk dipasang pada blog

Cara membuat formulir online di google drive untuk blog - google drive adalah layanan gratis cuma-cuma yang ada pada google. pada layanan ini, ada banyak aplikasi-aplikasi yang bisa anda gunakan mulai dari google form untuk membuat formulir online, google spredsheet, google powerpoint, dan masih banyak lainnya. pada postingan kali ini kebetulan saya akan membagikan tulisan tentang cara membuat formulir online di google drive untuk blog.


layanan google form bisa anda manfaatkan untuk keperluan pendaftaran online siswa di blog atau di website, untuk voting dan diskusi, untuk upload file dan gambar, serta untuk komunikasi dua arah antara empunya blog/ website dengan para pembaca di dunia internet. langsung saja, mari kita simak langkah demi langkah bagaimana cara membuat formulir online di google drive untuk blog.

1. masuk ke akun google anda, ketikkan alamat dibawah ini ke browser anda. atau pilih google drive pada dropdown google tab.

2. klik buat, pilih formulir

3. isi judul formulir, lalu pilih template atau tema formulir

4. pilih dan isikan "item jenis pertanyaan" (pada contoh adalah "pilihan" mata pelajaran), kemudian klik selesai.

5. tambahkan item lain sesuai kebutuhan dengan mengklik "tambahkan item"

6. pada laman konfirmasi, isikan kalimat sesuai keinginan anda. klik kirim formulir untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya.

7. klik "sematkan" untuk memperoleh kode html untuk dipasang di blog/ web. atau kopi paste tautan link untuk membagikan formulir di media sosial atau situs. karena akan dipasang di blog maka klik "sematkan".

8. kopi paste kan script html yang ada ke dalam blog nantinya. anda bisa mengubah ukuran form sesuai ukuran blog anda dengan mengedit pada angka yang ada di lebar dan tinggi. klik "selesai"

9.taraaa!! dan jadilah formulir online seperti dibawah ini.

itulah tutorial sederhana tentang cara membuat formulir online di google drive untuk blog atau web anda. semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.